Trackday Pertama, Mercedes-AMG Resmikan 2 Mobil Baru Rakitan Indonesia!

Trackday Pertama, Mercedes-AMG Resmikan 2 Mobil Baru Rakitan Indonesia!
0  komentar

AutonetMagz.com – Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) sudah menghabiskan banyak waktu untuk lebih rajin memperkenalkan varian-varian baru dari AMG sebagai lini performa tinggi mereka. Munculnya Mercedes-AMG varian 35 dan 43 membuat lebih banyak orang bisa naik level dari mobil reguler Mercedes-Benz ke mobil kencang ala AMG. Kepopuleran AMG semakin naik, dan ini membawa kesempatan baru untuk Mercedes-Benz di Indonesia.

Pada acara track day pertama dari Mercedes-AMG di Indonesia, sebagian besar AMG yang ada mulai tumpah ruah memenuhi Sirkuit Sentul yang jadi tempat berlangsungnya acara ini hari Sabtu (9/10) kemarin. Rupanya acara ini sekaligus jadi perkenalan anggota keluarga AMG yang baru di Indonesia. Kini sudah resmi meluncur 2 mobil terbaru AMG, yakni Mercedes-AMG A35 sedan dan Mercedes-AMG GLA35, dan dua mobil ini spesial karena keduanya adalah AMG hasil rakitan Indonesia. Wow!

Mobil Kencang Mercedes-AMG Rakitan Wanaherang, Bogor

Memang, sejak munculnya seri Mercedes-AMG 35, 43 dan 53, Mercedes-Benz mulai membuka peluang untuk pabrik-pabrik Mercedes-Benz di sejumlah negara untuk boleh merakit varian AMG. Mercedes-AMG C43 kini sudah ada yang rakitan Thailand, dan sekarang Indonesia juga tidak kalah. Mercedes-AMG A35 sedan hadir untuk menemani A35 hatchback yang sudah hadir duluan, dan Mercedes-AMG GLA35 jadi satu-satunya subcompact crossover Jerman bertenaga tinggi rakitan lokal.

Dirakit di pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor, Mercedes-AMG A35 mengambil basis A-Class sedan dengan kosmetik luar-dalam. Di luar, kita mendapatkan body kit AMG, gril AMG, pelek diameter besar, lip spoiler di bagasi dan 4 buah selongsong knalpot. Pada bagian interior, bagian-bagian esensial seperti setir, pedal, jok, panel instrumen dan sistem MBUX sudah dipercanggih dengan sentuhan dari AMG.

Sementara untuk Mercedes-AMG GLA35, lagi-lagi ia mendapatkan body kit AMG, gril Panamericana, pelek baru yang lebih besar dan 4 lubang knalpot. Perubahan di dalam pun setali tiga uang dengan A35 sedan, bahkan mesinnya juga sama. Baik Mercedes-AMG A35 maupun Mercedes-AMG GLA35 memakai mesin 2.000 cc 4 silinder turbo dengan tenaga 306 hp dan torsi 400 Nm. Transmisinya pakai kopling ganda dan penggeraknya AWD khas Mercedes-Benz yang dijuluki 4MATIC.

Akselerasi 0-100 dari Mercedes-AMG A35 sedan bisa tuntas kurang dari 6 detik saja, sementara Mercedes-AMG GLA35 butuh waktu ekstra di angka 6,2 detik untuk akselerasi yang sama. Kecepatan maksimal keduanya pun bisa mudah menembus 200 km/jam. Untungnya, mobil ini tidak hanya diam jadi model di atas panggung, namun bisa langsung dijajal di acara Track Day Mercedes-AMG Indonesia bertajuk “INSTANT THRILL” yang juga didukung oleh Adira, Pertamax Turbo dan Michelin. Oh ya, harga Mercedes-AMG A35 adalah 995 juta Rupiah dan Mercedes-AMG GLA35 adalah 1,105 miliar Rupiah, keduanya sebelum pajak.

Sedan, SUV hingga Grand Tourer Mercedes-AMG Libas Sirkuit Sentul

Karena namanya Track Day, Mercedes-AMG berusaha menurunkan sebanyak mungkin varian AMG untuk dijajal. Mulai dari CLA45 S, GLA35, A35 hatchback, A35 sedan, GLE53, GT 53, dan lain-lain. Varian reguler pun ada juga yang turun, dan menu kali ini adalah mengitari Sirkuit Sentul dengan semua model AMG. Mobil paling depan adalah Mercedes-Benz CLA 200 sebagai safety car, dan masing-masing peserta akan diawasi oleh instruktur atau pembalap profesional.

Setelah memakai helm, sarung tangan dan balaclava yang disediakan, peserta langsung diarahkan ke mobil masing-masing. Sistem percobaannya adalah setiap orang mendapat sekali giliran untuk mencoba mengendarai dan menumpang di setiap mobil. Setelan mobil disarankan untuk tidak diubah tanpa sepengetahuan instruktur, kontrol traksi dan kontrol stabilitas wajib aktif dan sabuk pengaman wajib terpasang.

Baik Mercedes-AMG yang bermesin kecil atau besar, semuanya sanggup memuntahkan tenaga yang dimiliki ke aspal sirkuit. Mobil-mobil seperti Mercedes-AMG GT 53 dan GLE 53 membuktikan bahwa mobil besar belum tentu mengayun di sirkuit, apalagi dengan suara parau mesin 6 silinder turbonya, tapi Mercedes-AMG CLA45 S membuktikan kemampuan AMG dalam membuat mesin kecil bertenaga bombastis. Bayangkan saja, 2.000 cc bisa tembus 400 hp lho…

Setelah sesi percobaan selesai, semua peserta langsung mendapatkan sertifikat sebagai tanda telah mengikuti pengalaman mengendarai mobil-mobil performa tinggi dari Mercedes-AMG. Acara ini berlangsung selama 2 hari, dan di hari kedua AMG Club Indonesia hadir sebagai tamu kehormatan dari Mercedes-Benz untuk bisa menjajal AMG mereka di sirkuit dan memuaskan adrenalin mereka. AMG apa yang jadi favoritmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: