Toyota Tunda GR 86 : Terlalu Berasa Subaru, Kurang Toyota!

Toyota Tunda GR 86 : Terlalu Berasa Subaru, Kurang Toyota!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pada akhir 2020 silam, Subaru telah memperkenalkan versi terbaru dari Subaru BRZ. Kemunculan Subaru BRZ tentunya menjadi sebuah tanda bahwa Toyota 86 juga akan segera hadir. Namun, kini sudah 4 bulan semenjak Subaru BRZ terbaru diperkenalkan dan sosok Toyota 86 versi terbaru belum juga muncul. Tentunya ini menimbulkan sebuah tanda tanya, dan beredar kabar bahwa pihak Toyota memang sengaja menunda kehadiran dari Toyota 86 terbaru, alias Toyota GR 86. Kenapa? Kabarnya karena mobil ini terlalu terasa Subaru dibandingkan Toyota. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Harus Lebih Terasa Toyota

Mengacu pada pemberitaan viaBest Car Web, Presiden Toyota, Akio Toyoda kabarnya memperintahkan para engineer Toyota untuk mengubah Toyota 86 supaya tidak terlalu terasa seperti kembaran Subaru BRZ. Kabarnya, Toyoda-san akan berusaha keras untuk memastikan hal tersebut. Toyoda-san ingin para pengguna Toyota 86 bisa merasakan secara langsung bahwa mereka sedang mengendarai sebuah Toyota 86, bukan sebuah Subaru BRZ. Oleh karenanya, tim pengemban Toyota 86 harus memutar otak lagi dan mencari perpaduan transmisi baru ataupun malah mengubah tuning mesin yang dipasangkan di Toyota 86. Tentunya ini menjadi sedikit susah karena pada dasarnya Subaru BRZ dan Toyota 86 dibangun dengan basis yang sama. Mengharapkan keduanya memiliki rasa berkendara yang berbeda tentu membutuhkan effort tambahan.

Namun, sumber menyatakan bahwa Toyoda-san bersedia untuk menunggu Toyota GR 86 alias 86 versi terbaru hingga siap dan sesuai dengan keinginannya. Padahal, awalnya Toyota GR 86 dijadwalkan hadir di akhir tahun 2021 ini, namun nampaknya sejumlah keinginan dari sang presiden membuat peluncuran mobil ini mundur ke tahun 2022, malahan mungkin saja akhir 2022. Hanya saja, ini masih sekedar prediksi ya sob. Toyota USA dalam keterangan resminya menyebutkan bahwa Toyota Motor Corporation Japan belum mengeluarkan pernyataan resmi apapun terkait waktu pasti peluncuran generasi terbaru dari Toyota 86. Toyota pun nampak tidak terlalu terburu – buru dengan si 86. Nampaknya, kehadiran dan kesuksesan Toyota GR Yaris mampu memuaskan pecinta mobil kentjang Toyota.

Subaru Sudah Mengubah Tuning Mesin

Di sisi lain, Subaru memang sudah membuka tabir dari Subaru BRZ generasi terbaru. Secara bentuk, sebenarnya cue design yang dimiliki versi terbaru masih senada dengan versi terdahulu. Subaru memilih untuk mengubah lebih banyak di sisi spesifikasi, khususnya tuning mesin. Subaru telah melakukan tuning sehingga mesin mereka yang memiliki kelemahan di kurva torsinya kini sudah teratasi dengan baik. Nah, tentunya mengherankan kalau Toyota ingin mengubah lagi tuning yang sudah dilakukan oleh Subaru. Subaru BRZ versi terbaru kini memiliki keluaran tenaga yang lebih besar 30 hp dibandingkan versi terdahulu. Redline mobil ini ada di angka 7.000 rpm dengan bobot yang diklaim hanya naik sedikit saja dari versi terdahulu. Jadi, kita nantikan saja apa yang akan dilakukan Toyota dengan GR 86.

Yang jelas, ini bukan pertama kalinya Toyota mengubah – ubah mobil sport ‘orang lain’. Toh kita tahu ada sosok Toyota Supra dan BMW Z4 sebelumnya. Kehadiran BMW Z4 juga lebih dahulu dibandingkan Toyota Supra. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: