Toyota Tingkatkan Pangsa Pasar, Agya Jadi Paling Berpengaruh

by  in Nasional&Toyota
Toyota Tingkatkan Pangsa Pasar, Agya Jadi Paling Berpengaruh
0  komentar

Autonetmagz.com – Siapa sih yang tidak tahu manufaktur mobil paling laris di Indonesia ini? Sejak dahulu kala, mobil buatan manufaktur asal Jepang tersebut telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sini. Dari sang legenda yaitu Kijang hingga mobil low cost green car-nya yang khas, lambang Toyota adalah salah satu lambang yang paling sering anda temui di jalan raya Tanah Air kita. Bahkan hampir tidak mungkin jika kalian semua tidak pernah setidaknya masuk ke dalam sebuah mobil Toyota.

Kami berani bilang seperti itu karena hingga saat ini saja, Toyota masih memegang gelar sebagai manufaktur mobil paling laris di Indonesia. Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) saja, si pembuat ‘HachiRoku’ ini berhasil menjual 161.446 unit mobil pada semester pertama 2018 dari total penjualan seluruh mobil dalam periode yang sama sebanyak 553.757. Hal tersebut berkat modelnya yang bukan lain adalah Avanza, Calya, Kijang Innova, Agya dan New Rush.

Lalu pada bulan kemarin, pabrikan yang sudah hadir secara resmi di Indonesia sejak 1971 ini berhasil meningkatkan market share mereka. Dari yang sebelumnya market share mereka sebesar 30,5%, pada September lalu pangsa pasar tersebut naik  menjadi 32%. Hal itu disebabkan karena Toyota berhasil membukukan angka 29.821 unit pada penjualan wholesales-nya. Semua disebabkan karena mobil-mobil yang ada dalam segmen hatchback, MPV, dan SUV, untuk sedan tidak terlalu berpengaruh karena memang saat ini segmen tersebut tidak terlalu digandrungi.

Peningkatan market share sebesar 1,5% itu pertama-tama disebabkan oleh model yang berada pada segmen hatchback mereka. Namun bukanlah nama Yaris yang menjadi penyumbang terbesar dalam penjualan hatchback Toyota sebanyak 2.789 unit. Melainkan Toyota Agya, sang LCGC yang paling sering kita temui di jalan ini yang menjadi model paling berpengaruh dalam segmen hatchback. Dengan total penjualan pada bulan lalu sebanyak 2.437 unit, itu berarti Agya mendominasi segmen hatchback Toyota sebesar 87,4%!

Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor pun menyebutkan, “Di segmen entry hatchback kelas 1.200 cc, market share Agya mencapai lebih dari 61%. Ini menunjukkan minat pelanggan terhadap Agya masih sangat besar, khususnya di segmen 1.200 cc.” Dirinya juga menyebutkan bahwa dalam dua bulan terakhir, konsumen Indonesia terlihat lebih memperketat pengeluarannya, termasuk untuk pembelian alat transportasi. Peningkatan 2% dalam market share-nya pun menjadi hal yang patut disyukuri oleh orang yang akrab disapa Soeryo ini.

Setelah segmen entry hatchback, penyumbang total penjualan Toyota pada bulan lalu masih disebabkan oleh segmen MPV-nya yang mencapai 17.767 unit. Hal ini juga membuat Toyota semakin memperkuat posisinya sebagai market leader dengan pangsa naik menjadi 46,1% dibanding bulan sebelumnya 43,63%. Penyumbang terbesar segmen ini pastinya adalah model Avanza yang mencapai 6.151 unit atau berkontribusi sekitar 34,6% dari total MPV, lalu posisi kedua adalah sang kakak yaitu Kijang Innova yang berkontribusi sebanyak 29,1%.

Lalu pada segmen yang saat ini sedang popular yaitu SUV, tercatat ada sebanyak 7.929 unit yang terjual pada September kemarin. Dua andalan Toyota di segmen ini yaitu newcomer Rush dan si popular Fortuner lah yang berhasil meningakatkan pangsa pasar. Penjualan Rush pada September mencapai 5.797 unit dan membukukan market share 44,8%. Untuk Fortuner juga mengalami pertumbuhan pangsa yang lebih signifikan, dengan angka penjualan 2.093 unit, pangsa pasar Fortuner pada September sudah mencapai 42,6%.

Memang tak dapat dipungkiri lagi jika Toyota masih menjadi merk mobil yang paling digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Selain nilai aftersales-nya cukup tinggi, perawatan untuk sebuah mobil Toyota juga tergolong sangat mudah untuk kita maupun dompet atau rekening sendiri. Mudah untuk dimodifikasi juga mungkin jadi sebuah nilai tambah di mata para konsumen Indonesia. Kalau menurutmu, adakah pendapat yang ingin kalian keluarkan mengenai Toyota-Astra saat ini? Beritahu kami pada kolom komentar Disqus yang ada di bawah artikel ini.

Read Prev:
Read Next: