Toyota Tercatat Sebagai Brand yang Paling Bernilai di Tahun 2015

Toyota Tercatat Sebagai Brand yang Paling Bernilai di Tahun 2015
0  komentar
Toyota-Innova-2015

AutonetMagz.com – Berita yang satu ini datang setelah selesainya sebuah studi yang dilakukan oleh BrandZ dalam menyusun Top 100 Most Valuable Global Brands 2015. Di kategori merek mobil, Toyota berhak atas posisi teratas sebagai merek mobil yang nilainya paling tinggi dengan taksiran nilai 28,9 Miliar US Dollar. Toyota berdiri di atas BMW yang bertengger di posisi 2 dengan nilai 26,3 Miliar US Dollar dan Mercedes-Benz di tempat ketiga dengan 21,7 Miliar US Dollar.

Baik Toyota, BMW dan Mercy, ketiganya punya selisih yang amat signifikan dibanding pesaingnya yang ada di posisi 4 dan seterusnya. Honda misalnya, berada di peringkat keempat dengan nilai 13,3 Miliar US Dollar, diikuti Ford (13,1 Miliar US Dollar), Nissan (11,4 Miliar US Dollar), Audi (10,2 Miliar US Dollar), VW ( 9,2 Miliar US Dollar), Land Rover (4,9 Miliar US Dollar) dan Lexus (4,3 Miliar US Dollar).

Toyota-Corolla-Altis-Samping

The BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands 2015 menggabungkan langkah-langkah dari ekuitas merek berdasarkan wawancara dengan lebih dari dua juta konsumen global. Menurut BrandZ, persepsi konsumen dari sebuah merek adalah masukan penting dalam menentukan nilai merek karena merek adalah kombinasi dari kinerja bisnis, penyampaian produk, kejelasan posisi, dan kepemimpinan.

Penelitian mencatat bahwa pembuat mobil – tidak hanya Toyota – menghadapi “dilema paradoks : Kualitas produk mereka lebih baik dari sebelumnya, tapi merek mereka semakin sulit untuk membedakan antara satu sama lain.” Ini merupakan sudut pandang yang menarik, setelah analis dari MillwardBrown menambahkan bahwa “mengurangi jumlah chassis yang digunakan di seluruh dunia diproduksi skala ekonomi dan penghematan biaya, tetapi juga mengakibatkan kesamaan model mobil.”

Teknologi-Hidrogen-Toyota-kini-Gratis

Ya memang, rata-rata merek mobil sekarang suka memakai satu chassis/platform untuk lebih dari 1 model, bahkan ada yang dipakai untuk 5 model seperti pada mobil-mobil VW Group. Alasannya sih jelas, selain untuk menghemat biaya pembuatan mobil, juga untuk ajang pertukaran ilmu dan teknologi. Makanya sekarang banyak merek yang menjalin kerja sama di balik panggung, meski di panggung pertunjukan mereka tetap bersaing dengan produknya.

Selamat untuk Toyota global atas prestasinya, semoga bisa membuat kerja sama antara merek mobil makin intens dan persaingannya berkiblat ke arah yang positif demi kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya di dunia otomotif yang kami cintai. Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: