Toyota Rilis Teaser SUV Baru, E-TNGA Pertama!

by  in Berita&Toyota
Toyota Rilis Teaser SUV Baru, E-TNGA Pertama!
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota New Global Architecture (TNGA) dikenal sebagai platform modular unibody yang mampu dikreasikan hingga sedemikian rupa. Baik dipasangkan untuk mobil berpenggerak depan, belakang, maupun all-wheel drive dan dalam ukuran mobil kecil, sedang, hingga besar, TNGA hadir untuk menggantikan platform Toyota sebelumnya yang membuat biaya produksi mereka membengkak. Namun selain TNGA untuk mobil internal combustion, pada 2019 lalu manufaktur asal Jepang tersebut mengumumkan bahwa platform khas itu turut hadir untuk fully electric vehicle (EV) yang dinamakan e-TNGA, dan rencananya akan hadir dalam enam model global dengan berbagai ukuran.

Di antara ke-enam model e-TNGA tersebut, turut hadir segmen mid-size e-SUV yang pada akhir 2020 lalu diumumkan oleh merk ‘T’ bulat ini akan menjadi mobil yang di-develop bersama dengan Subaru. Dengan mengambil ukuran sejenis RAV4, kami menduga bahwa e-SUV Toyota ini akan memiliki basis yang sama dengan Subaru Evoltis EV, sebuah konsep mid-size e-SUV yang hadir tahun lalu. Sesuai janji, pihak Toyota menunjukkan keseriusan mereka untuk bertarung dalam segmen e-SUV ini dengan merilis sebuah teaser yang menunjukkan rupa headlight dari mobil e-TNGA pertama mereka. Memiliki nama X-Prologue, mari kita telaah teaser mobil elektris salam satu platform ini.

Nuansa Desain Baru, Kental Aura EV

Hingga saat ini, Toyota telah merilis dua gambar teaser yang telah diunggah untuk konsumsi publik. Foto pertama hanya menunjukkan potongan fascia depan berupa headlight dan bentuk bemper, sementara foto kedua sudah menampakkan bentuk full-nya sih, sayang masih ditutupi kain hehe. Tapi dari kedua gambar tersebut ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, seperti color palette Wine Red, LED C-shapped headlights dengan konfigurasi lampu utama vertical trinocular ala Lexus RC, dan DRL yang tersambung memanjang tepat di bawah logo ‘T’ bulat dan tepat di atas bentuk yang seperti ‘grille‘ khas Toyota saat ini

Melihat dari segi dimensinya, kami semakin yakin bahwa X-Prologue akan memiliki hubungan ‘darah’ dengan Evoltis EV kepunyaan Subaru. Middle-sized SUV dengan tampang yang masih membawa bahasa desain Toyota saat ini, sepertinya memang akan menjadi senjata utama Toyota dan juga Subaru untuk menghadapi Nissan Ariya dan juga VW ID.4. Keduanya kontender yang perlu diperhitungkan karena Ariya adalah e-SUV dari negara yang sama dan telah muncul terlebih dahulu, sementara ID.4 memiliki beberapa teknologi yang inovatif khas mobil benua biru. Sepertinya segmen e-SUV akan semakin memanas jika kolaborasi Toyota dan Subaru ini dijajakan ke hadapan publik.

Memiliki Potensi Khas TNGA

Sesuai nama platformnya, e-TNGA memiliki banyak potensi sehingga spesifikasi X-Prologue belum bisa ditebak oleh siapapun. Karena jika platform tersebut, mobil ini bisa saja memiliki penggerak motor elektrik di bagian depan, belakang, maupun konfigurasi dualmotor. Kapasitas baterainya pun beragam, jadi Toyota bisa saja menciptakan varian long range hingga khusus untuk performance saja. Sadis memang platform TNGA ini, sudah salam satu platform kreatifitas juga tanpa batas! Satu yang dapat dipastikan, menurut Creative Trend huruf nama X-Prologue diambil untuk menguatkan citra crossover serta garis awal Toyota untuk masuk ke dalam pasar pure EV crossover. Jadi untuk saat ini berdasarkan model serta namanya, X-Prologue dipastikan mengambil bentuk mid-size SUV.

Dijadwalkan untuk rilis dalam gelaran Shanghai Motor Show 2021 pada 19 hingga 28 April nanti, Toyota X-Prologue akan resmi menjadi mobil e-TNGA sekaligus pure e-SUV pertama mereka. Akankah mobil ini akan memiliki faktor wow dalam kemunculan perdananya? Mampukah X-Prologue bersanding dengan Ariya dan ID.4? Atau malah nantinya mobil ini akan menaikkan standar e-SUV secara global? Selagi menunggu kehadirannya, berikan komentar terbaik kalian pada kolom di bawah.

Read Prev:
Read Next: