Toyota Prius Generasi Kelima Akhirnya Memulai Debutnya

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Toyota Prius Generasi Kelima Akhirnya Memulai Debutnya
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah beberapa teaser singkatnya diperlihatkan beberapa hari lalu, Toyota akhirnya meluncurkan Prius generasi kelima. Dibangun di atas Toyota New Global Architecture (TNGA) yang juga telah digunakan oleh model generasi keempat. Toyota mulai merombak model ikon legenda hybridnya sehingga membuatnya jauh lebih dinamis, lebih lapang, dan jauh lebih menarik secara visual daripada generasi sebelumnya.

Eksterior dan Interior

Dimulai dari eksterior di mana Prius dibangun di atas siluet monoform seperti pendahulunya. Tetapi memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang, pusat gravitasi yang lebih rendah, dan pelek 19 inci yang lebih besar sebagai standar. Desainnya memiliki kesamaan dengan jajaran model Toyota Crown baru, khususnya di bagian depan. Dimana lampu depan LED pipih dan memanjang juga ditampilkan, begitu juga dengan bilah lampu LED lebar di bagian belakang.

Interior juga berubah secara radikal dari model Prius sebelumnya. Bentuk dasbor juga serba baru menggabungkan sistem peringatan yang akan mengingatkan pengemudi akan objek yang terdeteksi dengan menyalakan lampu ambient lights. Mengadopsi setir yang sama dengan BZ4X, begitu juga dengan penempatan kluster instrumen digital yang ditempatkan agak keatas layaknya kokpit pesawat. Tuas transmisinya juga telah ditempatkan kembali di tempat yang seharusnya, tidak seperti pendahulunya.

Mesin dan Fitur

Pilihan mesinnya telah diumumkan di Jepang. Yang pertama menggunakan gabungan mesin 2.0-liter Dynamic Force 4 silinder, motor listrik, dan baterai lithium-ion untuk menghasilkan tenaga gabungan 220 hp (164 kW). Toyota mengklaim bahwa varian ini memiliki driving range EV 50 persen lebih banyak dari model sebelumnya, tetapi belum merilis angka range yang pasti. Powertrain kedua menggunakan Toyota’s Series Parallel Hybrid System yang tersedia dalam varian 1,8 liter dan 2,0 liter. Menghasilkan tenaga 193 hp (144 kW) dan dilengkapi sistem penggerak E-Four.

Sejumlah fitur keselamatan seperti versi terbaru dari Toyota Safety Sense tersedia pada Prius ini. Mencakup kamera bermata di depan, kamera menghadap ke belakang untuk Digital Inner Mirror, dan in-vehicle drive recorder. Sistem Toyota Teammate juga hadir sebagai standar dan mencakup Advanced Park dengan fungsi remote, yang memungkinkan mobil dikendalikan dari jarak jauh saat mengeluarkan mobil sampai keluar dari tempat parkir.

Read Prev:
Read Next: