Toyota Indonesia Harumkan Nama Bangsa Dalam Ajang ASC 2018

by  in Berita&Toyota
Toyota Indonesia Harumkan Nama Bangsa Dalam Ajang ASC 2018
0  komentar

Autonetmagz.com – Asian Games 2018 memang sudah sukses terlaksana. Pagelaran akbar lomba olahraga se-Asia tersebut pun meninggalkan kesan yang amat dalam untuk seluruh rakyat Asia khususnya Indonesia. Walaupun memang telah usai, namun semangat berlomba untuk meraih prestasi tak akan pernah padam dalam benak rakyat Tanah Air kita. Memang dalam Asian Games 2018 kita memecahkan rekor sendiri dengan mendapatkan perolehan medali terbanyak dalam perlombaan olahraga itu. Namun kalau bisa mendapatkan penghargaan lebih, mengapa tidak?

Kali ini nama Indonesia kembali diharumkan dalam perlombaan internasional tingkat ASEAN. Namun bukan dalam bidang olahraga, tetapi perlombaan tersebut ada pada bidang industri otomotif. Ya kalau tidak ada hubungannya dengan otomotif, kami tak mungkin memasukkan berita ini.

Adalah lomba Asean Skill Competition (ASC)  2018 yang diselenggarakan pada 26 Agustus – 5 September kemarin. Pada salah satu kategori perlombaannya, Indonesia pun berhasil mendapatkan medali lewat perwakilan dua anak bangsa. Siapakah mereka? Ialah Mohammad Khafid Fauzi dari PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan Agung Prasetyo dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berhasil meraih medali dalam ajang ASC 2018.

Perlombaan yang mereka menangi adalah kategori Car Painting yang merupakan ajang kompetisi keterampilan untuk pemuda-pemudi ASEAN. Fauzi berhasil mendapatkan medali perunggu sedangkan Agung berhasil meraih Medal of Excellence. Perolehan itu menempatkan delegasi Indonesia berada pada posisi kedua dari 10 negara yang ikut serta dalam ajang yang bertempat di IMPACT Exhibition and Convention Center, Muang Thong Thani, Thailand. Untuk posisi pertamanya ditempati oleh tuan rumah sendiri yaitu Thailand.

Ini merupakan pertama kalinya Toyota Indonesia ikut serta dalam ajang ASC yang sudah berlangsung 12 kali dan mendapatkan prestasi yang membanggakan. Selamat kepada para pemenang, terimakasih untuk prestasi dan semangat juang yg ditunjukkan. Semoga ini menjadi pemicu untuk dapat terus memberikan yang terbaik khususnya untuk pelayanan yang diberikan Toyota kepada masyarakat,” ucap Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto. Menurutnya, keahlian car painting ini berperan sangatlah penting di Toyota, terutama dalam memenuhi  kepuasan pelanggan dalam hal layanan purna jual atau aftersales service.

Dalam kompetisi Car Painting, setiap peserta diuji untuk merestorasi cat mobil yang mengalami kecelakaan ke dalam kondisi semula dan melakukan perbaikan kecil. Peserta dituntut untuk mempunyai kemampuan dalam mengidentifikasi kode warna menggunakan berbagai metode, mencampur jumlah warna yang tepat untuk formula yang ditentukan sebelumnya, dan menyemprot warnanya ke kartu uji untuk menguji kesesuaian warna dengan bayangan aslinya.

Dari tadi apa sih  perlombaan ASC itu? Nggak tau nih. Jadi ASC adalah ajang kompetisi yang diselenggarakan 2 tahun sekali dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing dan juga ikatan persaudaraan di antara negara-negara ASEAN. Lalu pada ASC 2018 ini, Indonesia mengikuti kompetisi di 21 kejuruan dari 26 kejuruan yang diadakan. Untuk delegasi dari Indonesia sendiri, Kementerian Ketenagakerjaan (KemNaker) menyiapkan para peserta termasuk dalam penyeleksian yang dilakukan juga oleh KemNaker.

Nantinya para pemenang ASC 2018 ini, akan diikutsertakan pada ajang yang lebih tinggi yaitu World Skill Asia yang akan berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) dan akan berlangsung dari 24-30 November 2018. Kita patut bangga dengan prestasi anak bangsa di tanah luar karena tak banyak orang-orang bisa seperti mereka. Mari kita terus dukung Indonesia dalam meraih prestasi yang membanggakan.

Read Prev:
Read Next: