Toyota, Honda dan Nissan Gratiskan Paten Demi Lawan COVID-19

Toyota, Honda dan Nissan Gratiskan Paten Demi Lawan COVID-19
0  komentar

AutonetMagz.com – Merebaknya virus COVID-19 membuat seluruh dunia menyerukan genderang perang melawan wabah ini supaya kehidupan bisa terus berjalan seperti biasa. Semua melakukan apa yang bisa dilakukan untuk menekan penyebarannya dan memusnahkan virus ini. Pemerintah, aparat keamanan, bahkan sampai masyarakat pun turun tangan demi membantu orang lain. Tentu saja perusahaan otomotif bukanlah pengecualian.

Misalnya Lamborghini dan McLaren yang memproduksi kebutuhan para tenaga medis untuk melawan coronavirus dengan kemampuan mereka masing-masing. Contoh hal yang dibuat pabrikan mobil untuk melawan corona adalah masker, ventilator, pelindung wajah, dan masih banyak hal lagi yang turut meringankan beban tenaga medis. Sekarang, trio merek Jepang yakni Nissan, Toyota dan Honda mengambil Langkah baru untuk peran tersebut.

Tiga pabrikan besar asal Jepang tersebut baru saja menandatangani deklarasi bersama dengan 16 perusahaan lain dan 1 perguruan tinggi untuk menyediakan semua kekayaan intelektual mereka ketika digunakan untuk kegiatan yang bertujuan mengatasi pandemi COVID-19. Deklarasi yang disebut sebagai “Deklarasi Terbuka COVID-19” ini sangat membantu di masa-masa seperti ini.

Isi deklarasi ini kira-kira adalah bahwa anggota yang menyepakati deklarasi ini ”Tidak akan mengambil paten, model utilitas, desain atau hak cipta selama masa krisis, terhadap setiap kegiatan yang tujuannya menghentikan penyebaran COVID-19, termasuk diagnosis, pencegahan, penahanan, dan perawatan.” Singkatnya, paten mereka bisa dipakai oleh pihak lain yang ingin meredakan wabah ini tanpa ada masalah, pemilik patennya tidak akan menagih.

Meski demikian, usaha ini membutuhkan jenis kerja sama baru dengan pemerintah, swasta, dan akademisi, sehingga anggota deklarasi bisa secara efektif melepaskan hak kekayaan intelektual mereka pada paten dan desain mereka untuk apa pun yang terkait dengan memerangi pandemi. Sebuah langkah baru lagi demi memerangi virus dan patut kita acungi jempol buat 3 merek ini. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Berikut daftar perusahaan yang ikut dalam Deklarasi Terbuka COVID-19 :

Ajinomoto Co., Inc.

Canon Inc.

Chanel G.K.

GenoConcierge Kyoto, Inc.

Honda Motor Co., Ltd.

HORIBA, Ltd.

Konica Minolta, Inc.

Kyoto University

LSI Medience Corporation

Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd.

NEC Solution Innovators, Ltd.

Nikon Corporation

Nissan Motor Co., Ltd.

ROHM Co., Ltd.

Shimadzu Corporation

SRL, Inc.

Teijin Limited

Toyota Motor Corporation

Tsubakimoto Chain Co.

Yahoo Japan Corporation

Read Prev:
Read Next: