Toyota Estima Bakal Disuntik Mati Bulan Depan

Toyota Estima Bakal Disuntik Mati Bulan Depan
0  komentar

AutonetMagz.com – Apakah kalian mengenali sosok Toyota Estima atau Toyota Previa? Memang, mobil ini bukanlah mobil yang akrab dengan publik Indonesia, namun jikalau kalian beruntung, kalian bisa beberapa kali menemui mobil ini di Tanah air. Yap, mengambil rupa sebuah MPV dengan desain serba membulat dan lancip, sebenarnya desainmobil ini mudah untuk disukai, namun harganya tidak murah.

Toyota Estima sendiri merupakan salah satu produk Toyota yang sudah bertahan lebih dari 2 dekade. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990 dengan kode body XR10 dan menggunakan mesin yang diletakkan di bawah kursi depan. Generasi keduanya berkode XR30 diperkenalkan di tahun 2000 dan versi ini masih bisa ditemui di Indonesia. Sedangkan generasi ketiganya hadir di tahun 2006 dengan kode body XR50. Nah, generasi ketiga inilah yang dijual hingga detik ini. Pihak Toyota hanya memberikan facelift pada tahun 2016 silam untuk menyegarkan tampilan dari MPV ini.

Secara umum, mobil ini sudah dijual selama 13 tahun tanpa ada ubahan yang drastis, kecuali penambahan versi hybrid. Kabar terbaru menunjukkan bahwa eksistensi dari Toyota Estima generasi ketiga ini harus segera berakhir. Bulan Oktober mendatang, Toyota Estima akan resmi dihentikan penjualannya, maju 2 bulan dari rencana awalnya di bulan Desember. Sayangnya, dari kabar yang beredar, tidak akan ada lagi suksesor dari Toyota Estima di masa depan. Nampaknya, pihak Toyota akan memaksimalkan potensi dari Toyota Noah/Voxy/Esquaire, ataupun langsung ke kelas Toyota Alphard/Vellfire.

Pihak Toyota juga memiliki 2 jagoan baru yang bisa mengisi segmen yang ditinggalkan Toyota Estima. Kedua Jagoan tersebut adalah Toyota Granvia alias Toyota Majesty, dan juga calon SUV baru mereka, Toyota TJ Cruiser. Keduanya bisa menjadi opsi bagi konsumen yang sebelumnya ingin membeli Toyota Estima. Apalagi, segmen SUV juga tengah berkembang pesat saat ini, dan tak susah untuk menemukan SUV dengan kapabilitas angkut bak sebuah MPV. Mazda telah berhasil melakukannya dengan menggeser peran Mazda Biante dengan Mazda CX-8.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: