Toyota Corolla Altis Facelift Usung Mesin 1.200 cc Turbo?

Toyota Corolla Altis Facelift Usung Mesin 1.200 cc Turbo?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemarin kita sudah melihat wujud Toyota Corolla Altis setelah facelift, baik dari luar maupun dalamnya. Untuk bisa meladeni tantangan Honda Civic sebagai rival bebuyutan yang sudah ganti model, facelift Toyota Corolla Altis harus signifikan kalau tidak mau kalah telak. Okelah, facelift di interiornya mungkin cenderung standar dan biasa, tapi perubahan pada muka Corolla Altis boleh juga, lumayan agresif ketimbang versi yang sekarang beredar.

Tapi mengikuti regulasi yang membatasi soal emisi dan lain-lain, Toyota pun mengalah dengan mempertimbangkan mesin kecil berturbo untuk sedan mereka yang satu ini. Toyota memulainya dengan pasar China, karena menurut PCauto.com, Toyota Corolla Altis facelift akan memasuki pasar China dengan mesin seperti itu. Persisnya, adalah sebuah mesin 1.200 cc 4 silinder turbo.

Toyota-Auris-facelift-Biru

Apa ini mesin baru? Well, tidak juga. Ini masih mesin dari silsilah keluarga Corolla, karena mengambil dari Corolla Auris yang berwujud hatchback. Selain di Toyota Corolla Altis facelift, mesin ini juga akan menghuni ruangan di balik kap mesin Toyota C-HR, crossover nyentrik dari Toyota. Jelas muncul pertanyaan, apa mesin 1.200 cc ini cukup? Mengingat mesin Honda Civic saja 1.500 cc turbo, lebih besar 300 cc.

Kalau melihat spek mesin Corolla Auris, mungkin bukan yang paling ambisius memang. Soalnya, tenaganya ada di kisaran 114 hp dan torsinya 185 Nm, lumayan jauh dibanding Civic yang 174 hp dan 220 Nm-an. Apa ini berarti Toyota Corolla Altis facelift kalah telak dari segi mesin? Eh, tunggu dulu, bisa jadi yang diincar bukan Civic bermesin 1.500 cc turbo, tapi yang bermesin 1.000 cc turbo, mengingat Civic bermesin imut tersebut sudah tertangkap kamera di China.

honda civic 180 turbo spy shot rear

Sementara untuk melawan Civic yang bermesin 1.500 cc turbo, entah strategi apa yang mau dipakai Toyota. Apa Toyota Corolla Altis facelift juga akan dapat mesin 1.500 cc turbo? Atau tetap bertahan dengan opsi mesin 1.800 cc atau 2.000 cc non-turbo yang ada saat ini? Wallahualam, hanya Tuhan dan Toyota yang tahu jawabannya. Bagaimana pendapatmu jika Toyota Corolla Altis bermesin turbo? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio

  • Indra

    1.200 cc turbo tenaganya 114 HP (dengan torsi 185 Nm antara 1.500-4.000 rpm), mungkin ini buat yg suka jalan santai dan kejar efisiensi, bukan yg suka kenceng2 an. Kalau disini mungkin masih pake yg lama, kan udah dual VVT-i

    • qoqo

      Tapi secara specific output (hp/liter) kalah dong ya sama ford ecoboost yg 1.0 liter dapet 125 hp, malah setara vw polo 1.2 tsi?secara Altis kelasnya diatas keduanya, CMIIW

    • 911

      kalau ga salah, output mesin 1.0 litre 3 silinder turbonya honda tuh 127 hp yah? kalau benar, tetap kalah jauh dong output tenaganya

    • nusantara nusantara

      mungkin mimin salah ketik gak y 141 hp maksudnya, kan pake twinturbo

  • Davenjo

    Indonesia lebih cocok mesin kecil yang lebih mengutamakan efisiensi. Karena jalanan dalam kota di Indonesia rata-rata macet, di tol pun pada jam-jam tertentu padat merayap. jadi mesin kecil dengan turbo lebih cocok di Indonesia, apalagi kalau penggunaan mesin yang lebih kecil bisa menekan harga jual jauh dibawah civic 1500cc yang sudah duluan diluncurkan. Pastinya lebih menarik di mata konsumen 🙂

  • zul ari

    Kapan ya avanza pake mesin 1.2 turbo ?

    • FEBRIAN

      wah , avz mesinnya jgn kegedean bro, ntar kebalik wkwk

  • RianS

    Mesin 1200 turbo ga mungkin dipake utk Altis versi Indonesia. tp untuk new Vios bisa saja. Altis versi Indonesia kelasnya 140dk keatas. Ga mungkin kan pake Altis rasa Vios…Apa jangan2 mesin Altis baru pake NR series 1500 turbo?

    • Rockmeo

      Bisa aj kok yg 1200cc turbo dimasukin sini untuk menekan harga jual gantinya dapet fitur2 yg lebih banyak buat nyaingin civic
      Walau secara tenaga n torsi kalah tapi yg gw tw kalo altis itu kebanyakn pake sopir n fleet perusahaan jarang yg bawa sendiri beda sm civic yg memang untuk driver oriented

  • nama akun ini disensor

    kami suka turbo

  • Levi

    Altis pake 1.800cc Turbo, suspensi independen ditambah durabilitas Altis yg luar biasa, maka sempurnalah Altis jd mobil yg nyaman, badak, irit dan ganas ?

  • Enrile Indro Prasetyo

    Dan menggunakan bensin minimal oktan 95, pasti Toyota Astra Motor mikir-mikir. Nanti konsumen mobil ini lari ke Toyota Vios yang lebih murah harga maupun operasionalnya.

  • rizki

    Tinggal liat apakah Corolla turbo diproduksi di Thai, pilih varian, impor kesini. Kalo gak sukses kaya Corollla pake mesin Camry Thai 2000 cc tinggal berkelit tes pasar dan selanjutnya gak dijual lagi hehe
    Toh Civic juga harus diproduksi di Thai dulu baru dipilih satu varian dan dimasukkan kesini kan? jadi gak usah berandai-andai, liat aja udah dproduksi di Thai belum hehe