Toyota Corolla Altis Facelift Usung Mesin 1.200 cc Turbo?

Toyota Corolla Altis Facelift Usung Mesin 1.200 cc Turbo?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemarin kita sudah melihat wujud Toyota Corolla Altis setelah facelift, baik dari luar maupun dalamnya. Untuk bisa meladeni tantangan Honda Civic sebagai rival bebuyutan yang sudah ganti model, facelift Toyota Corolla Altis harus signifikan kalau tidak mau kalah telak. Okelah, facelift di interiornya mungkin cenderung standar dan biasa, tapi perubahan pada muka Corolla Altis boleh juga, lumayan agresif ketimbang versi yang sekarang beredar.

Tapi mengikuti regulasi yang membatasi soal emisi dan lain-lain, Toyota pun mengalah dengan mempertimbangkan mesin kecil berturbo untuk sedan mereka yang satu ini. Toyota memulainya dengan pasar China, karena menurut PCauto.com, Toyota Corolla Altis facelift akan memasuki pasar China dengan mesin seperti itu. Persisnya, adalah sebuah mesin 1.200 cc 4 silinder turbo.

Toyota-Auris-facelift-Biru

Apa ini mesin baru? Well, tidak juga. Ini masih mesin dari silsilah keluarga Corolla, karena mengambil dari Corolla Auris yang berwujud hatchback. Selain di Toyota Corolla Altis facelift, mesin ini juga akan menghuni ruangan di balik kap mesin Toyota C-HR, crossover nyentrik dari Toyota. Jelas muncul pertanyaan, apa mesin 1.200 cc ini cukup? Mengingat mesin Honda Civic saja 1.500 cc turbo, lebih besar 300 cc.

Kalau melihat spek mesin Corolla Auris, mungkin bukan yang paling ambisius memang. Soalnya, tenaganya ada di kisaran 114 hp dan torsinya 185 Nm, lumayan jauh dibanding Civic yang 174 hp dan 220 Nm-an. Apa ini berarti Toyota Corolla Altis facelift kalah telak dari segi mesin? Eh, tunggu dulu, bisa jadi yang diincar bukan Civic bermesin 1.500 cc turbo, tapi yang bermesin 1.000 cc turbo, mengingat Civic bermesin imut tersebut sudah tertangkap kamera di China.

honda civic 180 turbo spy shot rear

Sementara untuk melawan Civic yang bermesin 1.500 cc turbo, entah strategi apa yang mau dipakai Toyota. Apa Toyota Corolla Altis facelift juga akan dapat mesin 1.500 cc turbo? Atau tetap bertahan dengan opsi mesin 1.800 cc atau 2.000 cc non-turbo yang ada saat ini? Wallahualam, hanya Tuhan dan Toyota yang tahu jawabannya. Bagaimana pendapatmu jika Toyota Corolla Altis bermesin turbo? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio