Toyota Camry Masa Depan Bakal Diperkuat Dengan Mesin Turbo!

0  komentar
Toyota-Camry-2015

AutonetMagz.com – Di mana-mana sekarang sedang tren mesin dengan induksi paksa, baik turbo atau supercharger. Dulu, hanya sedan premium dan mobil sport yang pakai turbo, sekarang city car seperti KIA Picanto saja sudah pakai turbo. Toyota pun demikian, sebagai salah satu merek yang punya mesin 2JZ sebagai salah satu mesin turbo yang paling reliable di Toyota Supra dan Toyota Aristo, mereka kembali akan memperbanyak varian mesin turbo mereka.

Untuk target berikutnya, sedan Toyota Camry yang akan jadi target. Tulisan dari Paultan menyampaikan bahwa merek berlogo tiga elips ini akan menyematkan mesin turbo pada Camry di masa depan. Mesinnya bukan mesin baru, melainkan mesin 2.000 cc turbo yang sudah ada di Lexus NX, Lexus RX dan Lexus IS200t. Mesin ini akan menggantikan Camry V6 yang masih dijual di beberapa negara.

Toyota-Camry-SE-USDM

Mesin 2.000 cc turbo yang akan dipasang ini punya tenaga 245 hp dan torsi 350 Nm, jadi kalau dikomparasikan dengan mesin 3.500 cc V6 yang bertenaga 268 hp dan torsi 336 Nm, ia kalah tenaga tapi menang di torsi. Alasan pemakaian turbo di Camry baru nanti bukan soal performa, tapi soal menekan emisi gas buang dan menciptakan angka konsumsi BBM yang lebih irit, apalagi torsi di putaran rendahnya besar.

Tapi jangan harap kalau semua tipe Camry akan dapat turbo, karena varian bermesin 2.500 cc 4 silinder biasa juga akan tetap dijual, masih dengan paham siklus Atkinson dan transmisi CVT untuk meningkatkan efisiensi, meski sepertinya belum tentu sebaik yang mesin turbo. “Mesin adalah salah satu keahlian kami, utamanya untuk menghasilkan angka efisiensi yang baik,” kata Andrew Coetzee, group VP product planning Toyota Amerika Serikat.

New-Toyota-Camry-2015-Indonesia

Jika memang begitu, baguslah. Karena menurut kami, Toyota – khususnya di Indonesia – selalu bermain aman dengan mesinnya. Tenaga dan torsinya biasanya belum tentu yang terbesar di kelasnya, teknologinya juga mungkin bukan yang paling advanced, karena Toyota lebih fokus di ketangguhannya, terutama kalau diajak kerja rodi. Sepertinya Toyota kena kompor Honda yang segera memasang mesin 1.500 cc VTEC Turbo di Civic baru, meski Civic tidak sekelas dengan Camry. Siapa tahu kan?

Kalau boleh memberi masukan untuk Toyota, kami sarankan untuk Camry turbo jangan pakai CVT ya, pakai transmisi matik torque converter atau dual clutch saja biar larinya lebih berasa. Kalau kamu, apa saranmu untuk Toyota Camry Turbo baru nanti? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: