Toyota C-HR Dirakit di Indonesia Dengan Mesin Yaris!

by  in Toyota
Toyota C-HR Dirakit di Indonesia Dengan Mesin Yaris!
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Melihat pasar crossover yang kian menarik membuat Toyota tidak tahan ingin mengganggu pasar yang kini dipimpin oleh Honda HR-V. Menurut salah satu sumber internal Toyota Astra Motor yang terlibat dengan perencanaan produk mobil-mobil Toyota yang enggan disebutkan namanya, Toyota Astra Motor sedang mempersiapkan perakitan lokal bagi Toyota C-HR.

Untuk pasar global, Toyota C-HR memiliki 3 buah pilihan mesin, mulai dari mesin 1.200 cc turbocharged, 1.800 cc hybrid dan mesin 2.000 cc natural aspirated untuk pasar Amerika. Nah pertanyaannya, mesin mana yang akan digunakan oleh Toyota C-HR versi Indonesia? Menurut sumber tersebut mengatakan kepada AutonetMagz, Toyota C-HR versi Indonesia akan menggunakan mesin yang berbeda dengan Toyota C-HR yang ada di dunia. Karena C-HR versi rakitan Indonesia akan menggunakan mesin 1.500 cc 2NR-FE yang sama dengan Sienta, Yaris dan Vios.

Loh kok bisa berbeda sendiri? Menurut kami sih sah-sah saja, karena Toyota sudah memiliki investasi besar dalam merakit mesin 2NR-FE series dan transmisi CVT di Indonesia, ditambah di kelas crossover yang dihuni HR-V sebagai juaranya juga memiliki kapasitas mesin dan transmisi yang sama. Sebenarnya bisa saja dipasangkan dengan mesin 1.200 cc turbocharged, hanya saja apakah orang Indonesia sudah siap mengisi BBM beroktan tinggi untuk mobil berturbo?

Soal fitur, Toyota akan mengambil perbandingan dengan fitur-fitur Honda HR-V yang cukup lengkap, mulai dari VSA dan Hillstart Assist, konon Toyota juga akan menyematkan rem belakang cakram seperti Toyota Sienta. Ia juga menjelaskan bahwa Toyota akan memiliki beberapa ubahan minor dari segi eksterior dan interior dibandingkan dengan versi global, kami curiga akan ada versi murah dari Toyota C-HR agar lebih terjangkau dan head unitnya akan common parts dengan Yaris atau Sienta. Hmm…

Dengan dirakit secara lokal dan memilik mesin common parts dengan Toyota lainnya, setidaknya kami bisa meramalkan bahwa harga mobil ini seharusnya tidak jauh-jauh dari sebuah Sienta atau Honda HR-V yang menjadi rival utamanya. Jika saja mobil ini dibanderol dengan harga dibawah 300 juta Rupiah, tentu saja Toyota C-HR Indonesia bisa menjadi pilihan crossover menarik selain Honda HR-V, Suzuki S-Cross dan Chevrolet Trax. Lalu kapan mobil ini akan diluncurkan? Narsum cuma berkata “ada deh…”.

Read Prev:
Read Next: