Mulai 2040, Mobil Bertenaga Bahan Bakar Fosil Haram di Prancis

by  in International
Mulai 2040, Mobil Bertenaga Bahan Bakar Fosil Haram di Prancis
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah beberapa tahun terakhir beberapa negara Eropa memulai langkah dari sisi pemerintah untuk menyiapkan diri menyambut era baru dalam mobilitas, entah itu yang bertenaga listrik, hidrogen atau sumber energi lain. Dari semua negara-negara Uni Eropa, Prancis bisa dibilang sebagai yang paling getol menggagas gerakan ini. Sekarang saja mereka sudah memberi subsidi bagi mobil listrik.

Langkah berikutnya, akan lebih tegas lagi. Menteri Lingkungan Prancis, Nicolas Hulot, sudah menegaskan bahwa mobil berbahan bakar minyak – baik bensin atau diesel – dilarang untuk dijual di tanah Prancis pada tahun 2040. Bukan sembarangan perintah, karena ini selaras dengan mandat dan visi presiden Prancis, Emmanuel Macron yang berbunyi “Make the planet great again”. Agak mirip slogan presiden Amerika Serikat waktu masih pemilu ya?

Gerakan ini adalah inisiatif supaya Prancis bisa jadi negara berstatus “carbon neutral” pada tahun 2050. Untuk membantu mempercepat penyebaran kendaraan ramah lingkungan, Hulot mengatakan “Pemerintah akan menawarkan bonus bagi setiap wargaPrancis untuk mengganti mobil diesel keluaran sebelum tahun 1997 atau bensin dari sebelum 2001 dengan kendaraan baru atau bekas.” Wah, oke punya nih.

Tidak ada kabar tentang Berapa banyak insentifnya, akan tetapi langkah tersebut akan membantu mendorong warga untuk hijrah ke kendaraan yang lebih efisien. Dari laporan The Telegraph, Hulot mengakui ide tersebut akan jadi polemik buat para pembuat mobil, namun mengatakan bahwa industri otomotif Prancis siap menghadapi tantangan tersebut. Dia juga menyebut rencana Volvo untuk mengubah mobilnya jadi mobil listrik pada tahun 2019.

Prancis memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan karena laporan tersebut mengindikasikan bahwa kendaraan bensin dan diesel sudah menyumbang 95,2 persen dari penjualan kendaraan baru sampai paruh pertama tahun ini. Di lain sisi, kendaraan hybrid mencapai 3,5 persen, sementara kendaraan listrik berada di posisi ketiga dengan 1,2 persen. Kecil, tapi ingat, subsidi bagi mobil listrik sangat menggiurkan.

Terlepas dari tantangan tersebut, Prancis bergabung dengan sejumlah negara yang terus berusaha untuk melarang kendaraan yang diberdayakan secara eksklusif oleh mesin bensin atau diesel. Waduh, mungkin mobil-mobil bensin dan diesel yang tidak boleh dijual ke Prancis malah akan dilempar ke sini jika kita belum ambil ancang-ancang menerapkan aturan sejenis. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: