Toyota Batasi Model yang Bisa Dipesan Di Dealer Lexus Jepang

by  in  Berita & International & Lexus
Toyota Batasi Model yang Bisa Dipesan Di Dealer Lexus Jepang
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota telah membatasi pesanan pada sembilan model Lexus di pasar Jepang dan membatasi jumlah pesanan yang dialokasikan untuk setiap dealer. Langkah itu dilakukan karena kekurangan komponen, termasuk semikonduktor yang diperkirakan akan berlanjut selama 2023. Jumlah pesanan yang tersedia untuk setiap dealer berbeda-beda. Setelah semua stok tipe mobil yang dialokasikan terjual habis, maka mobil tersebut tidak bisa lagi dipesan untuk sementara waktu.

Lagi-Lagi Chip Semikonduktor

Keterlambatan pengiriman tersebut karena adanya kekurangan suku cadang untuk ‘mobil mewah’ yang tentunya menggunakan lebih banyak komponen semikonduktor. Model Lexus menggunakan lebih dari 1.000 komponen, yang mana itu lebih banyak dari mobil Toyota reguler pada umumnya. Terdapat kekurangan chip untuk berbagai fitur seperti remote untuk mengunci mobil dan semikonduktor untuk perlengkapan audio.

Toyota belum megumumkan estimasi waktu pengiriman untuk sebagian besar model Lexus. Model flagship seperti LS 500 sekitar 3 – 4 bulan, sementara pengiriman LS 500h disekitar 3 – 3,5 bulan. Toyota menyarankan konsumen untuk menghubungi retailer untuk estimasi pengiriman model lain. Lexus juga mengungkapkan bahwa pesanan model LX 600 dan NX 450h+, NX 350h, NX 350, dan NX 250 yang baru masih harus ditangguhkan untuk sementara waktu.

Terus Menurun

Dilansir dari Nikkei Asia, Keterlambatan pengiriman di pasar Jepang sangat terlihat, di mana penjualan dari Januari hingga November 2022 turun 13% dari periode yang sama tahun 2021. Berbeda dengan penjualan di luar negeri yang justru naik 2%. Toyota akan mengambil strategi seperti meningkatkan produksi di Jepang pada Januari hingga Maret ini, serta mengalihkan mobil yang ditujukan untuk ekspor ke pasar domestik Jepang. Toyota juga pada akhirnya berulang kali menurunkan rencana produksinya.

November lalu Toyota menurunkan rencana per Maret 2023 sebanyak 500.000 unit, yang semula direncanakan memproduksi 9,7 juta kendaraan pada Mei 2022 lalu. Ini berarti, bagi anda yang berencana untuk membeli mobil Toyota atau Lexus yang diimpor utuh dari Jepang sebaiknya menunda pembelian sampai waktu yang tidak bisa ditentukan. Namun, apabila sudah terlanjur membeli, sabarlah menunggu sampai mobilnya datang. Siapa tau setelah mobilnya sampai bisa anda jual kembali lebih tinggi dari harga beli.

Read Prev:
Read Next: