GAIKINDO Optimis Penjualan Mobil 2021 Lampaui Target

by  in Berita&Nasional
GAIKINDO Optimis Penjualan Mobil 2021 Lampaui Target
0  komentar

Autonetmagz.com – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) merasa optimis bahwa penjualan mobil di pasar domestik bisa melebihi target yang ditentukan, yaitu di atas 800 ribu unit pada 2021. Sekretaris Umum GAIKINDO Kukuh Kumara mengatakan penjualan mobil hingga akhir kuartal ketiga tahun ini sudah mencapai lebih dari 620 ribu unit, atau mulai mendekati target 750 ribu unit. Jika ekspansi penjualan saat ini bisa terjaga, maka target tersebut bisa terlampaui dalam dua bulan kinerja. “Untuk target, kami tetap, tidak mengubahnya. Dilihat dengan kondisi saat ini, kami harapkan penjualan bisa tembus 800 ribu unit,” katanya, pada Kamis 14 Oktober 2021 dalam Bisnis.com.

Daya Beli Mulai Membaik

Kukuh menuturkan daya beli masyarkat saat ini sudah mulai membaik. Hal tersebut ikut mendorong keinginan membeli mobil baru. Terlebih kebijakan pemerintah berupa relaksasi pajak akan berlaku hingga akhir tahun 2021. Beliau mengakui beberapa harga mobil akan naik akibat terpengaruh penerapan pajak karbon yang berlaku pertengahan Oktober tahun 2021 ini. Namun menurutnya banyak masyarakat yang sudah tersosialisasi dengan baik. “Sehingga kami yakin tak akan ada perubahan minat pembelian dari masyarakat. Orang semua kan sudah tahu, tak ujuk-ujuk berlaku,” kata Kukuh.

Kukuh mengatakan pameran mobil GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada November 2021 juga akan menjadi momentum pendongkrak penjualan mobil di pasar domestik. “Memang pameran ini untuk memamerkan inovasi. Ini juga ajang besar sehingga akan banyak penawaran yang akan mendongkrak penjualan juga,”. Terkait krisis chip semi konduktor, beliau berpendapat masalah ini sangatlah unik di beberapa agen pemegang merek (APM) produsen mobil. Menurutnya semua pelaku industri mobil sudah memiliki strategi untuk tetap dapat meningkatkan kinerja produksinya. 

Demand Masih Tercukupi

 Demand di pasar mobil domestik pun belakangan masih dapat tercukupi. Penjualan mobil dari pabrik atau distributor ke dealer (wholesales) sepanjang Januari–September 2021 sebanyak 627.537 unit. Dalam dua bulan terakhir (Agustus–September) rata-rata kinerja lebih dari 80 ribu unit per bulan. Sementara itu penjualan dari dealer ke konsumen (retail sales) pada periode yang sama mencapai 600.344 unit. Selama dua bulan terakhir, rata-ratanya angka retail lebih dari 72 ribu unit.

Jadi Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar

Read Prev:
Read Next: