Toyota Akan Bangun Pabrik Mobil Listrik di Tianjin China

Toyota Akan Bangun Pabrik Mobil Listrik di Tianjin China
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam beberapa bulan terakhir fokus berita yang berkaitan dengan China selalu menyinggung Covid19 alias Virus Corona. Namun, dibalik penyebaran virus yang memprihatinkan tersebut masih ada beberapa informasi menarik dan positif di China. Salah satunya adalah keputusan Toyota yang akan membangun pabrik perakitan baru di Tianjin China. Menariknya lagi, pabrik ini bukan memproduksi mobil biasa saja, melainkan mobil listrik.

Mengutip informasi via Reuters, Toyota China yang menggandeng salah satu joint venture mereka yaitu First Automobile Works (FAW) berencana untuk membangun fasilitas produksi mobil listrik di Tianjin, China. Informasi ini sendiri muncul pasca adanya sebuah dokumen yang dibuka oleh otoritas lokal China-Singapore Tianjin Eco City. Dokumen tersebut menyatakan bahwa baik Toyota maupun FAW telah setuju untuk berinvestasi sebesar 8,5 Milyar Yuan atau sekitar 17,5 triliun Rupiah. Pabrik perakitan ini akan memiliki kapasitas produksi mencapai 200 ribu unit per tahunnya.

Pabrik ini secara spesifik akan berfokus pada kendaraan bertenaga terbarukan, dimana di China ada 3 kategori mobil bertenaga terbarukan yaitu battery only, PHEV, dan juga fuel cell. Sejauh ini, pihak Toyota belum berkomentar apapun terkait bocoran informasi ini. Namun, pihak Toyota sempat menyatakan bahwa CHina adalah salah satu pasar paling penting pabrikan berlogo tiga elips ini. Oleh karenanya, Toyota harus terus mengukur dan memastikan perwakilannya di China bisa memenuhi kebutuhan akan pertumbuhan bisnis lokal di China.

Nah, sejauh ini juga belum jelas produk apa yang akan dirakit Toyota di pabrik baru tersebut. Namun kalau kita pindai line up Toyota, sejatinya mereka sudah memiliki beberapa produk yang masuk dalam skema mobil bertenaga terbarukan. Sebut saja Toyota C-HR EV, dan Toyota Izoa EV. Berhubung kerjasama ini terkait dengan FAW, bisa jadi Toyota C-HR EV punya kans lebih besar untuk diproduksi, karena Toyota Izoa EV merupakan produk hasil joint venture Toyota dengann GAC. Selain itu, Toyota Corolla dan Levin juga memiliki varian PHEV. Masih ada kans juga Toyota memproduksi Toyota Mirai generasi terbaru di pabrik ini.

Jadi, kita tunggu saja. Bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: