Tommi Makinen Kini Pimpin Tim WRC Toyota, Yaris WRC dan 86 4WD Jadi Percobaan

Tommi Makinen Kini Pimpin Tim WRC Toyota, Yaris WRC dan 86 4WD Jadi Percobaan
0  komentar
tommi-makinen-toyota-wrc

AutonetMagz.com – Bagi yang sangat suka dunia balap reli, harusnya sudah tak asing dengan nama Tommi Makinen. Ia merupakan pereli asal Finlandia yang sangat terkenal karena sangat piawai di kejuaraan WRC dan memenangkan 4 gelar juara WRC di tahun 1990-an. Tim yang sempat membawanya menuju puncak ketenaran adalah tim Mitsubishi dan Subaru, bahkan Mitsubishi mengapresiasi tinggi jasa Makinen dengan menghadirkan Lancer Evolution 6,5 Tommi Makinen Edition, atau disingkat Lancer Evo 6,5 TME.

Sekarang, mantan pereli yang berusia 50 tahunan itu menyatakan bersedia kembali ke dunia reli sebagai pimpinan tim WRC Toyota Gazoo Racing. Jabatan tersebut ditawarkan oleh pimpinan Toyota sendiri, yakni Akio Toyoda, dan Tommi Makinen akan berperan besar dalam pembuatan mobil-mobil reli Toyota. Dalam hal ini, Yaris WRC dan 86 4WD akan jadi unit tes.

Uji-Coba-Toyota-Yaris-WRC

Saya pertama kali bertemu Tommi di tahun 2013. Saat itu, dia adalah instruktur saya, membantu saya dalam meningkatkan kemampuan berkendara saya. Pada akhirnya, dia mengajari saya lebih banyak hal, dia menunjukkan kalau reli itu sangat menarik dan tentang hubungan antara pembangunan mobil balap dan balapan reli itu sendiri,” ujar Akio Toyoda.

Toyota sendiri bilang kalau kembalinya mereka ke WRC pada tahun 2017 mendatang adalah untuk membuat mobil yang lebih baik ke depannya, apalagi untuk mobil yang bisa dipacu di jalanan jelek. Sekarang Toyota akan menghadapi Volkswagen, Hyundai dan Citroen yang sekarang lagi bagus-bagusnya di WRC, apalagi Hyundai sekarang sudah diperkuat orang eks BMW M Division dan Volkswagen Polo R WRC sekarang sedang mendominasi ajang ini.

toyota-86-4wd

Baru-baru ini di Finlandia, Tommi Makinen tertangkap sedang menguji coba mobil balap Toyota 86 4WD yang dibuat khusus untuk CEO Toyota, Akio Toyoda. Entah kenapa bukan Yaris WRC yang dites, tapi asyik juga melihat aksi pembalap legendaris ini memacu 86 penggerak 4 roda. Tak kalah dengan pereli lainnya seperti Tanner Foust, Peter Solberg dan lain-lain lho.

Nah, seru nih kalau pembalap legendaris sekaliber Tommi Makinen memimpin tim Toyota untuk kembali ke balapan reli yang ganas. Mungkin saja seperti Mitsubishi, Toyota akan membuat mobil jualan edisi khusus untuk menghargai Tommi Makinen.

Kira-kira apa ya? Yaris Tommi Makinen? 86 Tommi Makinen? Sampaikan prediksimu di kolom komentar dan simak aksi Tommi Makinen dengan 86 4WD di bawah ini!

Read Prev:
Read Next:
  • toyota1stHATER

    Cupu lah toyota,86 lawan lancer evo aja kalah 86 di jalan,apalagi di track reli,bisa terberak di celana si 86,malu2 in hachiroku aja

    • Ari

      Ya lu jangan gitu dong bandingin tuh sama MX-5. Hp nya aja jauh pasti kalah 86.liat initial d nggak mobil Takumi 86 vs evo siapa gitu mesinnya sampai rusak

    • NAistheBest

      Woi tong lanevo itu kelasnya diatas 86, harganya juga diatas 86. Dan tolonglah di rally itu ga mulu2 soal HP, emang bakal sering tuh ketemu jalan lurus yang mulus? Makanya mobil rally kebanyakan torque oriented. Dan lu pikir aja macem avega kalo dijalan umum biasa aja, tapi kalo udah rally spec beuhh ngeri coy

      • pescarolo

        Nama org yg komennya aja ud hater pak, ngapain ditanggepin. Semua orang jg tau lah kalo mobil ud dimasukin k balapan resmi bakal dioprek sampe speknya setara satu sm lain. Emangnya ada yg mau kalah? Hahah

    • Raynald

      Ya kali pake mesin standard namanya masuk rally ya pasti di oprek lah mana mungkin pake 109 ps

    • AE86

      Comennya gak nyambung om… Hehe…

  • Rafli Santosa

    Yaris yg dipakai model pasti model US atau UK coba dong model Asia yg kayak di indonesia mungkin mobil rally paling sporty

    • NAistheBest

      Bahaha gara2 ga compact nih. Sekarang aja di Indonesia yaris udah ga di pake slalom, padahal yaris dulu jadi mobil slalom, terus juga jadi mobil ff drift

      • alfian

        Wah bener Juga tuh Sporty dan Dinamis

        Mungkin Mereka sudah pada bosan Mungkin kali ya

    • AutonetMagz

      yang gini maksudnya masbro?

      • M.U.Fathurrohman

        Tag indoricer jangan nih?

      • Rafli Santosa

        Wih bener keren banget

      • Hillarius Satrio

        asli, keren modif yarisnya

      • Danis Anindano

        Asli keren bener ini Yaris dibikin Rallylook

  • alfian

    Wooow luar biasa ya ada hater yang koment

  • subaru

    avanza tommi makinen edition

  • Enrile Indro Prasetyo

    Harusnya pake platform Toyota Agya + mesin 1600 cc turbo 300 DK (sesuai standar WRC), pasti “terbang” tuh mobil…

  • Raynald

    Ane kepikiran kalo fortuner pake mesin rally nya 86 kaya di video wkwkwkkw