Tips Irit Bahan Bakar Menggunakan Yamaha Grand Filano, Mudah Kok!

by  in  Berita & Editorial & Merek Motor
Tips Irit Bahan Bakar Menggunakan Yamaha Grand Filano, Mudah Kok!
0  komentar

Surabaya, AutonetMagz.com – Tingginya harga BBM dalam tempo hampir 1 tahun terakhir membuat banyak orang mulai aware dengan konsumsi BBM kendaraan mereka, termasuk juga para pengguna motor. Dan kali ini, tim AutonetMagz akan membagikan tips untuk kalian pengguna motor supaya bisa menghemat bahan bakar kalian. Kebetulan, motor yang kami gunakan sebagai contoh adalah Yamaha Grand Filano. Lantas, bagaimana tipsnya? Yuk kita bahas.

Akselerasi Jadi Momen Terpenting

Beberapa waktu yang lalu, tim AutonetMagz mendapatkan pinjaman unit Yamaha Grand Filano dari PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) sebagai daily bike kami. Dan kami pun mencoba sejumlah cara untuk mendapatkan angka konsumsi BBM yang irit. Sebenarnya, konsep irit bahan bakar cukup mudah, yaitu menggunakan kendaraan dengan dengan jarak sejauh mungkin namun putaran mesin yang rendah dan waktu yang juga minim. Selain itu, kita juga harus menghindari hard braking, sehingga sebisa mungkin motor melajut dengan konstan dan bisa memanfaatkan momentum yang telah dibangun sejak akselerasi awal.

FYI, momen terboros dari sebuah motor ada pada saat motor berakselerasi awal. Dan ini merupakan hal mutlak yang dialami oleh seluruh kendaraan dengan mesin internal combustion. Nah, Yamaha cukup cermat pada kondisi ini dengan memberikan teknologi Blue Core Hybrid. Oleh karenanya, kami menyimpulkan bahwa irit bahan bakar merupakan hal yang mudah di Yamaha Grand Filano. Fase terboros dari sebuah motor diakali dengan memberikan boost atau dorongan tambahan dari SMG atau Smart Motor Generator yang disuplai listrik oleh aki. Alhasil, akselerasi dari Yamaha Grand Filano menjadi lebih enteng, dan tak perlu membuka gas terlalu dalam.

Jaga Kecepatan Konstan, Jaga Kondisi Motor Prima

Setelah motor berada di kecepatan yang diinginkan, maka langkah berikutnya adalah menjaga motor untuk tetap konstan. Artinya, kalian tidak boleh melakukan akselerasi ataupun pengereman secara mendadak. Dengan menjaga laju motor stabil dan konstan, maka mesin akan bekerja dengan lebih ringan dan membuat konsumsi BBM juga lebih irit. Diluar itu, menggunakan BBM dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan spesifikasi motor juga jadi salah satu hal yang penting. Dan terakhir, rutin melakukan servis di bengkel resmi juga menjadi poin penting untuk menjaga mesin motor tetap prima. Apa hubungannya? Motor dengan mesin yang prima tentunya bisa bekerja lebih optimal.

Dan dari seluruh tips yang kami singgung di atas, kami telah menerapkannya di unit Yamaha Grand Filano yang kami pinjam. Hasilnya pun cukup menggembirakan, dan kami merasa cukup mudah untuk mencatatkan angka konsumsi BBM yang irit di motor ini. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: