Toyota Supra 4 Silinder Disiapkan, Toyota : Biar Gampang Swap 2JZ

by  in International&Toyota
Toyota Supra 4 Silinder Disiapkan, Toyota : Biar Gampang Swap 2JZ
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak generasi JZA70, Toyota Supra sudah memiliki keterikatan dengan mesin 6 silinder segaris dan kian mencapai puncaknya pada generasi JZA80 yang jadi bintang di The Fast and The Furious. Menjelang generasi baru yang sering disebut “A90”, debutnya di Goodwood seolah masih dirasa kurang. Iyalah, yang muncul masih prototipe, Toyota Supra baru sendiri baru membuka tabirnya awal 2019 nanti. Yahh…

Terus ada apa lagi soal Supra? Ehem, jadi menurut Road and Track, kepala insinyur Toyota Supra bernama Tetsuya Tada mengonfirmasi kepada mereka kalau nanti bakal ada varian mesin 4 silinder buat Toyota Supra. Iya, kami sering bilang kalau Toyota Supra bakal tersedia dalam mesin 6 silinder turbo, tapi tipe 4 silinder ini bakal muncul sebagai entry level. Waduh, ngapain ada Supra 4 silinder? Fans berat Supra mungkin akan menganggap ini penistaan Supra mungkin ya?

Tetsuya Tada bilang, alasan munculnya Toyota Supra bermesin 4 silinder adalah untuk memberikan mobil yang hidungnya lebih enteng dan punya respons haluan yang baik saat mobil hendak berbelok. Mesin yang dipakai adalah mesin B48B20 2.000 cc 4 silinder turbo eks BMW dengan kisaran tenaga 262 hp, sementara yang 6 silinder akan pakai mesin B58B30 3.000 cc 6 silinder turbo dengan kisaran tenaga 335 hp. Kembali soal Toyota Supra 4 silinder, ada sudut pandang yang menarik di sini.

Kami tidak bicara soal “Biar harganya murah” atau “Biar lebih enteng”, tapi soal tradisi yang bikin Toyota Supra begitu terkenal : Modifikasi. Semua orang tahu betapa hebatnya mesin 2JZ eks Toyota Supra (dan Aristo) yang sanggup diperas sampai 1.000 hp lebih. Nah, Tetsuya Tada bilang Toyota Supra 4 silinder sengaja dibuat biar orang yang sudah niat mengganti mesin mobilnya dari awal bisa menekan modal modifikasinya nanti, khususnya saat prosesi engine swap. Ini dia kutipannya :

Web editor Road & Track Chris Perkins sempat berbincang dengan kepala insinyur Supra Testsuya Tada di Goodwood Festival of Speed beberapa hari yang lalu, dan karyawan Toyota menegaskan bahwa memang akan ada Supra empat silinder. Tada juga menjelaskan, adanya Supra empat silinder akan lebih ringan dan punya distribusi berat yang jauh lebih baik, rasanya juga akan lebih tajam. Tada juga bilang kalau nanti pemilik Supra yang berencana untuk pasang mesin 2JZ, beli Supra yang 4 silinder saja, nanti jatuhnya bisa lebih murah.”

Nah, begitu dong! Ini baru semangat orang yang tahu cara menghidupkan semangat mobil sport dan kultur modifikasi mobil. Urusan girboks, transmisi otomatis 8 percepatan dari ZF diklaim jadi satu-satunya pilihan, begitu menurut Jalopnik. Jelas tidak ada yang benar-benar mau Supra 4 silinder dari awal, tapi kalau statusnya adalah sebagai “mobil bahan”, maka itu sangat masuk akal. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: