Test Drive All New Honda BR-V : Lebih Baik & Lebih Fun Dari Versi Lawas!

by  in Berita&Honda&Merek Mobil
Test Drive All New Honda BR-V : Lebih Baik & Lebih Fun Dari Versi Lawas!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasar LSUV dan LMPV di Indonesia yang makin bergejolak saat ini tentu saja dipenuhi oleh para jagoan-jagoan terbaru dari tiap pabrikan. Dan Honda sebagai salah satu pabrikan mobil terbesar di Indonesia tentu saja tidak ingin ketinggalan untuk meramaikan segmen ini dengan Generasi kedua Honda BR-V. Model terbaru yang diperkenalkan beberapa bulan sebelum GIIAS 2021 kemarin ini sebenarnya cukup menarik perhatian publik, namun memang gaungnya sempat agak tenggelam dilibas oleh duet Toyota Avanza – Daihatsu Xenia dan juga Mitsubishi Xpander facelift.

Membandingkan Impresi BR-V Lama & Baru

Namun di kesempatan baru-baru ini, Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM brand Honda di Indonesia mengundang AutonetMagz untuk merasakan bagaimana impresi dari si generasi kedua Honda BR-V. Yang mana menurut mereka memiliki sensasi yang berbeda jauh dibanding generasi pertamanya. Lantas, apakah benar berbeda? Atau hanya jargon saja dari HPM? Mari kita cari tahu. Media Test Drive yang dilaksanakan di dalam sirkuit test HPM sendiri bersifat terbatas, karena hanya segelintir media saja yang diundang, dan bagusnya lagi, mereka juga menyediakan model Honda BR-V lama untuk dicoba juga di rute yang sama. Tentu tujuannya agar kita bisa merasakan langsung perbedaan generasi terbaru ini. Giliran pertama kami yaitu mencoba Honda BR-V lama mengelilingi sirkuit kecil milik HPM. Disini kami merasakan bahwa biarpun Honda BR-V terasa lebih empuk dibanding Honda Mobilio yang menjadi basisnya, namun tetap saja masih terasa agak kasar dari segi bantingannya.

Terutama ketika melindas kerb seperti speed trap di straight sirkuit, dan peredaman kabin yang kurang untuk di kelasnya. Untung saja handling dan performa Honda BR-V lama masih cukup bisa dibilang ‘Fun’ di segmennya. Sekarang Saatnya mencoba sang New Honda BR-V. Kesan pertama begitu menutup pintu adalah model gen kedua ini jauh lebih hening dibanding pendahulunya. Dan memang dari info yang diberikan HPM, mereka telah menambah titik – titik peredaman pada bagian engine bay, pintu, fender, dan penambahan foam peredam pada tepian bawah chassis dekat pintu yang turut mempengaruhi kekedapan kabin. Selain itu, mesin yang diguanakan adalah mesin baru yang sama dengan yang disematkan di Honda City juga mendapat sedikit sentuhan di bagian kurva torsi yang lebih baik di rpm bawah. Ini sangat terasa ketika kami melakukan akselerasi selepas tikungan hairpin, dimana New Honda BR-V terasa lebih responsif di rpm bawah sampai kecepatan 60-80 kph, selepas dari itu performanya kami nilai mirip dengan versi lamanya.

Suspensi Jadi Poin Penting

Satu update lagi yang menurut kami sebuah game changer adalah pada setup suspensinya. Biarpun masih menggunakan kombinasi McPherson strut di depan dan Torsion beam di belakang, New Honda BR-V terasa lebih seimbang dari segi kemampuan meredam kerb dan speed trap dengan baik, namun juga masih memberikan kestabilan ketika melewati cone dengan slalom. Di sesi slalom ini, New Honda BR-V terasa lebih nurut dengan pergerakan buntut yang lebih terkontrol dan tendensi understeer yang lebih kecil dibanding versi lama. Jadi bisa dibilang new Honda BR-V sekarang jauh lebih punya karakter ‘FUN’ yang umumnya ditemui di mobil-mobil Eropa yang lebih mahal. Walaupun sebenarnya kesan ‘plastik’ dan desain interior yang menurut kami bisa lebih baik lagi masih membuat kami sadar bahwa kami masih mengemudikan sebuah Honda. Bukan sebuah mobil eropa.

Kesimpulannya? Dari sesi Test Drive singkat ini bisa membuat kami mendapatkan impresi bahwa New Honda BR-V generasi kedua menawarkan refinement berkendara yang berbeda dibanding rivalnya. Mobil ini jadi lebih hening, lebih balance redamannya, dan lebih fun dari segi handling-nya, ditambah juga performa mesin yang lebih torqy di putaran bawah yang akan membantu di dalam kondisi stop n go. Sayang saja sesi driving kali ini terlalu singkat untuk lebih jauh mengeksplor si New BR-V, yang pasti, pengajuan pinjaman untuk pembuatan video detail bahkan komparasinya melawan rivalnya sudah kami ajukan, jadi ditunggu saja yah. Bagaimana pendapat kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: