Tesla Panen Cuan Lagi di Q1 2022, Sampai 7,65 Triliun Rupiah!

Tesla Panen Cuan Lagi di Q1 2022, Sampai 7,65 Triliun Rupiah!
0  komentar

AutonetMagz.com – SKalau kita melihat sektor otomotif secara umum, pandemi COVID-19 memang telah memberikan dampak yang negatif bagi pabrikan otomotif di seluruh dunia. Namun, entah mengapa, justru di saat yang sama, Tesla malah mencetak banyak rekor penjualan. Dan kali ini, Tesla kembali mencatatkan hasil yang sangat positif, bahkan melebihi target yang dicanangkan di Q1 2022. Yuk kita kupas lebih lanjut.

Lebihi target Kuartal 1 2022

Mengacu pada laporan terbaru yang diunggah oleh Tesla, mereka telah berhasil memproduksi sebanyak 305.407 unit mobil di kuartal pertama tahun ini. Belum selesai sampai di sana, mereka juga telah mengirim 310.048 unit mobil pada periode yang sama. Artinya, angka pengiriman unit lebih besar dari produksi, yang mana kita bisa simpulkan secara sederhana bahwa seluruh unit produksi Q1 2022 sudah menjadi milik konsumen. Angka tersebut juga ternyata melebihi target yang dicanangkan Tesla sebelumnya, yaitu di angka 309 ribu unit. Capaian ini tentunya membuat Tesla bisa tersenyum lebar. Cuannya? mencapai 7,65 Triliun Rupiah lho. Dari capaian tersebut, dominasi Tesla Model 3 dan Model Y masih sangat masif.

Sebanyak 295.324 unit Tesla Model 3 dan Model Y telah terkirim ke konsumen di kuartal pertama tahun 2022 ini, sedangkan Tesla Model S dan X telah terkirim 14.724 unit. Jadi, bisa kita bayangkan betapa pentingnya produk dengan ‘harga terjangkau’ seperti Tesla Model 3 dan Model Y. Tapi, kalau kalian perhatikan, harga dari produk ‘terjangkau’ ala Tesla sebenarnya telah naik signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai contoh, Tesla Model 3 telah mengalami peningkatan harga sebesar 34% sejak diluncurkan 3 tahun lalu. Kini, tipe terendah dari Tesla Model 3 ada di angka 675 jutaan Rupiah. Walaupun begitu, permintaan akan mobil ini tidak berkurang, malah menguat dari waktu ke waktu.

Inden Panjang Tesla

Kelihatannya mungkin tidak masuk akal bagi kami untuk menaikkan harga kendaraan kami, mengingat kami memiliki rekor profitabilitas kuartal ini, tetapi daftar tunggu untuk kendaraan kami cukup panjang.Dan beberapa model yang banyak dipesan orang, daftar tunggunya diperpanjang hingga tahun depan. Jadi harga kendaraan yang telah dipesan sekarang benar-benar mengantisipasi pertumbuhan biaya pemasok dan logistik yang kami sadari dan yakini akan terjadi selama 6 hingga 12 bulan ke depan.” ujar Elon Musk. Musk pun yakin Tesla bisa memproduksi 1,5 juta unit kendaraan per tahun di 2022 ini. Wajar saja, karena di kuartal pertama saja bisa mencapai 310 ribu unit.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: