Fiat Punto Jadi Mobil Pertama Yang Raih Bintang Nol di Euro NCAP

by  in Berita&Fiat&International
Fiat Punto Jadi Mobil Pertama Yang Raih Bintang Nol di Euro NCAP
0  komentar

AutonetMagz.com – Fiat nampaknya sedang berpikir keras mengenai hasil dari salah satu mobilnya di Euro NCAP. Yap, Fiat Punto yang merupakan salah satu produk andalannya meraih hasil yang buruk di Euro NCAP, bukan bintang dua atau bintang satu, namun bintang nol. Raihan ini sama memalukannya dengan Datsun Go dan Renaut Duster di Global NCAP.

Namun pukulan telah yang diterima Fiat, tak separah Datsun dan Renault, karena kenyataannya, Fiat Punto menjadi mobil pertama dalam sejarah Euro NCAP yang mendapatkan skor bintang nol. Tentunya rasa malu yang mendalam untuk Fiat, karena jika dibuat sebuah list, maka Fiat Punto akan menjadi mobil paling tidak aman yang pernah di tes di Euro NCAP. Tentunya hal ini menjadi evaluasi bagi pabrikan asal Italia ini, mengapa mobil produksi mereka sampai meraih hasil yang buruk tersebut.

Usut punya usut, memang Fiat Punto yang dijual saat ini adalah model tahun 2012 silam, yang mana sudah berusia 5 tahun. Namun jika melihat basisnya, mobil ini sebenarnya adalah Fiat Punto lansiran 2005 yang masih dipertahankan hingga saat ini. Artinya, sudah ada 12 tahun yang terlewat oleh mobil ini untuk menggunakan teknologi terbaru dalam hal keamanan. Anggapan bahwa mobil generasi lama yang plat besinya tebal – tebal itu lebih aman nyatanya tak memberikan hasil yang sesuai dengan anggapan itu sendiri. Sejumlah mobil baru yang nampak lebih tipis dalam urusan plat body malah lebih aman berkat teknologi keamanan yang terbaru.

Dan kejadian inilah yang terjadi pada mobil malang, Fiat Punto ini. Fiat Punto mencatatkan hasil 51% pada tes keamanan untuk penumpang dewasa, dan dan angka 43% untuk anak – anak. Sedangkan untuk impact pada pejalan kaki menunjukkan angka 52%, serta angka 0% dalam hal safety assist. Bagian yang cukup parah adalah pada bagian whiplash protection untuk kursi belakang yang mendapat skor marginal, dan untuk kursi depan adalah poor. Ya, mungkin satu satunya bagian yang cukup oke adalah lateral impact dari mobil ini. walaupun tak ada side airbag yang terpasang.

Terlepas dari berapapun hasilnya, nyatanya memang plat body tebal ala mobil lawas memang bukan jaminan mobil bisa aman, karena kita sudah ada di 2017 bro. Banyak teknologi yang berkembang yang bisa membuat mobil baru jauh lebih aman, walau nampaknya plat bodynya tipis. Selain itu yang lebih baik lagi, banyak fitur keamanan bersifat preventif yang sudah tertanam di mobil jaman now. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: