Teaser Tata Harrier Disebar, Rilis di India Tahun 2019

Teaser Tata Harrier Disebar, Rilis di India Tahun 2019
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat kami pertama kali membaca nama dari mobil ini, yang langsung ada di pikiran kami adalah merk Jepang berlogo tiga elips, apalagi merk mobil di teaser ini juga diawali huruf T. Namun saat kami membaca ulang, ternyata nama Harrier disini tak merujuk pada SUV rakitan Toyota Jepang, melainkan SUV baru yang dirakit oleh Tata India. Lalu, apa saja detil dan informasi yang muncul? Mari kita bahas.

Pertama, detil yang langsung kami amati dari teaser Tata Harrier adalah muka depannya, yang menggunakan lampu sipit dengan lekuk body depan yang sorry to say sanga mirip dengan solid wing face ala Honda, mungkin hanya kebetulan. Di atas garis body yang miril solid wing face itulah bercokol lampu sipit dengan pendar warna putih, yang hingga kini kami asumsikan adalah sebuah LED DRL. Lalu dimana lampu utamanya? Ya dibawahnya. Nampaknya tren lampu seperti ini sudah menjadi hal yang biasa saja sejak Mitsubishi Xpander, Hyundai Santa Fe, Chevrolet Blazer, dan Baojun 530 menggunakannya, padahal kala Nissan Juke menggunakan model semacam ini, malahan mobil tersebut dicap aneh. Detil kedua, jika melihat mukanya, maka yang kami langsung ngeh jikalau mobil ini adalah Tata H5X yang akan dibuat versi produksinya.

Detil berikutnya adalah lampu belakang yang menggunakan model yang sipit, dengan bentuk pntu bagasi yang punya lekuk tegas, wiper belakang, dan juga rear spoiler. Sedangkan dari sisi samping terlihat mobil ini lumayan bongsor, walaupun kami curiga mobil ini hanya akan menggunakan konfigurasi 5 seater saja, walaupun memang ada informasi yang menunjukkan bahwa ada dua varian, 5 dan 7 seater. Atapnya dilabur warna hitam, termasuk pilar A juga yang memberi kesan floating roof. Selain itu, spionnya cukup gemuk, dan yang menarik adalah pilar D yang dibuat berkesan floating roof pula, bak Mitsubishi Xpander dan All New Suzuki Ertiga. Kehadiran Tata Harrier sendiri menguatkan kesan bahwa memang Tata sudah pulih dari masalah finansial yang merundungnya, dan kini berfokus di segmen SUV. Tata Harrier sendiri akan diproduksi di pabrik Tata di Pune.

Tata Harrier juga menjadi produk yang special, karena menggunakan sebuah arsitektur baru yang disebut Tata sebagai ‘Optimal Modular Efficient Global Advanced, yang merupakan sebuah rancang bangun yang dikembangkan Tata bersama dengan Jaguar Land Rover. Selain itu, secara desain, Tata Harrier juga akan menjadi mobil pertama yang menerapkan bahasa desain Impact Design 2.0. Tata Harrier sendiri dijadwalkan hadir di kuartal pertama tahun 2019, dan pihak Tata menyebut mobil ini sebagai game changer, menarik. Untuk mesin, Tata Harrier akan menggunakan mesin diesel, yang mana lagi – lagi diambil dari Fiat namun dengan kubikasi 2.000cc. Mesin tersebut akan menghasilkan tenaga maksimal 140 hp dengan torsi 320 Nm, not bad. Mesin tersebut akan digabungkan dengan transmisi manual 6 percepatan dan penggerak roda depan.

Nah, itulah detail – detail dari Tata Harrier, dan beberapa dari kalian tentunya bertanya – tanya, apakah pihak Tata tak takut bermasalah dengan Toyota karena penggunaan nama Harrier? Bisa iya, bisa tidak, karena sejauh ini kata ‘Harrier’ sendiri memang adalah kata umum di bahasa Inggris yang berarti ‘Pembajak’. Selain itu, kecil kemungkinan Tata Harrier akan dijual di Jepang. Bagaimana kalau menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: