TATA Nexon Tampil Menghias IIMS, TATA Zest Siap Dipesan [Galeri Foto]

TATA Nexon Tampil Menghias IIMS, TATA Zest Siap Dipesan [Galeri Foto]
0  komentar

Mobil konsep Tata Nexon crossoverAutonetMagz.com – Cukup banyak pabrikan yang berlomba lomba menghadirkan mobil konsep yang dimiliki untuk memamerkan kekuatan teknologi dan desain yang mereka miliki, mulai dari crossover konsep hingga sportscar konsep. Pabrikan asal India, TATA turut unjuk kebolehan memamerkan model konsepnya yang dinamai Nexon, sebuah konsep small SUV ala TATA.

Dilabur dengan warna biru, Nexon memiliki tampilan yang sangat keren dan bisa disetarakan dengan mobil-mobil konsep dari merek Jepang bahkan Eropa. Sistem bukaan pintu Nexon serupa dengan Mazda RX-8, dimana pintu depan membuka secara normal dan pintu belakang mengadopsi gaya suicide door.

Tata Nexon mobil small SUV konsep

Dengan hilangnya pilar B pada mobil ini, sistem bukaan pintu seperti ini menambah kemudahan akses penumpang belakang dan memberi kesan lega pada interiornya, meskipun dimensi mobil ini tergolong kecil.

Interior Nexon tampil futuristik dan minimalis sebagaimana mobil konsep pada umumnya. Dengan perpaduan warna putih biru serta pencahayaan LED biru yang menerangi kabin, kita tak akan menyangka kalau mobil konsep ini berasal dari merek India. Penempatan pedal pun diposisikan di lantai seperti mobil Eropa, bukan menggantung seperti mobil Jepang. Meski masih konsep, kami sudah bisa melihat siapa yang akan menjadi pesaing terdekat mobil ini, yaitu Datsun redi-GO yang juga masih berupa mobil konsep.

Interior mobil futuristis Tata Nexon di IIMS 2014

Selain Nexon, TATA juga ingin menyapa masyarakat Indonesia yang mengunjungi IIMS dengan cara memperkenalkan small sedan mereka, yaitu TATA Zest. Berbasis TATA Vista yang dipanjangkan dengan penambahan bagasi, Zest memiliki beberapa perbedaan dengan Vista seperti desain bumper, foglamp, velg dan lain sebagainya. Di India, Zest diposisikan untuk menyaingi Honda Brio Amaze.

SPG seksi IIMS 2014 bersama small sedan Tata Zest

TATA Zest memiliki mesin yang cukup kecil bila dibandingkan dengan small sedan lainnya di Indonesia yang kebanyakan berkapasitas 1.500 cc. Small sedan negeri Bollywood ini memiliki mesin 4 silinder berteknologi Revotron yang hanya berkapasitas 1.200 cc saja. Meski begitu, TATA ogah mengikuti small sedan lainnya yang bermain dengan mesin Naturally Aspirated, sebab mesin kecilnya ini diperkuat oleh sebuah turbo.

Harga mobil sedan India Tata Zest

Hasilnya adalah tenaga 90 PS di 5.000 rpm dan torsi 140 Nm di 1.750-3.500 rpm. Melihat torsi besar yang sudah siap melayani sejak putaran rendah, disinyalir mobil ini akan unggul di akselerasi dan konsumsi bahan bakarnya dapat ditekan sehemat mungkin.

Kabar baiknya, TATA siap melayani para konsumennya yang tertarik dengan sedan kecil ini. Pemesanan pun sudah mulai dibuka, dan rencananya Zest akan diluncurkan secara resmi tahun depan. Ayo, siapa lagi yang mau pesan small sedan berturbo ini?

Read Prev:
Read Next: