Tata Motor Siapkan LMPV Rival Suzuki Ertiga

Tata Motor Siapkan LMPV Rival Suzuki Ertiga
0  komentar

AutonetMagz.com – Walaupun Tata Motor Indonesia sudah tidak menjual mobil penumpang di Indonesia, namun tetap saja menarik melihatperkembangan merk asal India tersebut. Salah satu bocoran mengenai produk terbaru dari Tata adalah sebuah LMPV. Dan LMPV ini dikembangkan Tata untuk mengobrak dominasi dari Suzuki Ertiga di pasar India. Mari kita bahas.

Mengutip informasi via Team-BHP, Tata Motor sudah memulai proyek untuk memproduksi LMPV. Dan LMPV ini kabarnya akan menggunakan platform ALFA. FYI, platform ALFA adalah platform baru milik Tata yang saat ini baru digunakan oleh Tata Altroz dan segera juga digunakan oleh Tata Peregrin a.k.a Altroz sedan. Nah, sumber menyebutkan bahwa nantinya LMPV milik Tata Motor ini akan memiliki 2 konfigurasi kursi yang fleksibel. Belum jelas bagaimana keduanya, bisa jadi 5 dan 7 seater atau malah 6 dan 7 seater. Itu baru tebakan kami, karena Mahindra Marazzo menggunakan format 6 seater di India dengan captain seat.

Untuk urusan mesin, Tata Motor akan mengandalkan mesin 1.500cc Turbo diesel yang sebelumnya sudah digunakan di Tata Nexon. Dengan mesin tersebut, LMPV baru Tata Motor akan memiliki tenaga mencapai 108 hp dengan torsi 260 Nm, jauh lebih besar dibandingkan dengan mesin Ertiga Diesel di Indonesia dulu. Sejauh ini, belum ada informasi mengenai mesin bensin untuk mobil ini. Dan sebenarnya ini hal wajar di pasar India, karena konsumen disana memang menyukai mesin diesel walaupun saat ini emisi yang ketat dan perubahan tren sudah mengarah ke penggunaan mesin bensin. Oiya, LMPV Tata Motor ini tidak akan menyapa publik India dalam waktu dekat.

Kabarnya, LMPV ini baru akan diperkenalkan di tahun 2022, bisa jadi di Delhi Motor Show yang biasanya dihelat di awal tahun. Jikalau LMPV ini dirilis, maka mobil ini akan langsung berhadapan dengan beberapa MPV lain yang sudah dijual seperti Suzuki Ertiga, Mahindra Marazzo, dan Toyota Innova. Hyundai dan KIA sejatinya juga berniat untuk memperkenalkan produk di segmen yang sama. Sedangkan Toyota juga sudah bekerja sama dengan Maruti untuk membuat satu lagi MPV yang posisinya akan sedikit diatas Ertiga namun dibawah Innova. Jadi, kita nantikan saja bagaimana kejutan dari Tata Motor.

Kalau menurut kalian bagaimana?

Read Prev:
Read Next: