Tata Harrier Dirilis Tahun Depan, Basis Dari Land Rover Discovery Sport!

Tata Harrier Dirilis Tahun Depan, Basis Dari Land Rover Discovery Sport!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian masih ingat kan dengan sosok Tata Harrier? Yap, mobil ini sudah sempat kami bahas beberapa waktu lalu karena punya bentuk yang cukup oke dan yang lebih menarik perhatian adalah penggunaan nama Harrier yang sebenarnya sudah digunakan oleh pihak Toyota di produk SUV mereka sejak lebih dari sedekade yang lalu. Nah, kali ini muncul kabar yang tak kalah menarik dari si Tata Harrier ini, termasuk jadwal peluncurannya pula, yuk kita bahas.

Seperti yang kita tahu, Tata dan juga merk miliknya, JLR alias Jaguar Land Rover selama ini berjalan bersamaan namun tak saling mengganggu pasar masing – masing. Tata masih konsisten berjualan di segmen kendaraan penumpang yang lebih merakyat serta kendaraan komersil, sedangkan JLR melayani konsumen di segmen premium. Baik Tata maupun Jaguar Land Rover terlihat memainkan peran mereka masing – masing dan it works. Nah, namun nampaknya semua akan mulai berubah dengan kehadiran dari Tata Harrier ini, dimana mobil ini adalah versi produksi dari model konsep Tata H5X yang diperkenalkan oleh Tata di awal tahun 2018 ini. Yang menarik, ternyata basis pengembangan yang digunakan oleh Tata H5X alias Tata Harrier ini cukup spesial.

Mobil ini menggunakan platform LR-MS/D8 yang juga digunakan oleh Land Rover Discovery Sport, Jaguar E-Pace, dan generasi terbaru dari Range Rover Evoque yang akan segera hadir. Tentunya keberanian Tata untuk menerapkan platform milik JLR ke produk mereka adalah sebuah langkah yang cukup mengejutkan. Hanya saja, pihak Tata nampaknya juga masih akan menjaga jarak aman antara produknya dengan produk – produk JLR, karena Tata Harrier hanya akan dipasarkan di pasar India, Timur Tengah dan juga di Afrika saja. Masih terlalu dini untuk urusan informasi detil seperti mesin dan juga fitur yang diusung oleh mobil ini, karena mobil ini direncanakan akan rilis secara resmi pada tahun depan.

Namun ada sedikit bocoran mengenai mesin yang akan digunakan oleh Tata Harrier ini yang kami kutip via Motor Authority. Mesin yang akan ditanamkan pada Tata Harrier ini adalah mesin 2.000cc Turbo Diesel yang besar kemungkinan adalah jajaran mesin Ingenium milik Jaguar Land Rover. Untuk transmisi sendiri dikabarkan akan menggunakan transmisi manual dan otomatis, sedangkan sistem geraknya ada dua opsi, penggerak depan atau penggerak empat roda. Tata Harrier sendiri nantinya akan hadir dengan skema 5 penumpang, dan menyusul dengan skema 7 penumpang. Mobil ini mungkin akan menjadi game changer terhadap image dari merk Tata setelah sebelumnya cukup lekat dengan nama Tata Nano, setidaknya jikalau pihak Toyota tak menuntut Tata karena penggunaan nama tersebut.

Kita nantikan saja seperti apa versi produksi dari Tata Harrier ini di masa depan, akankah mobil ini memberikan kejutan pada pecinta otomotif, atau hanya akan menjadi angin lalu saja? Kalau menurut kalian bagaimana? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: