Tak Gunakan Seatbelt, Mobil Chevrolet Ogah Jalan

by  in Berita&Chevrolet&Hi-Tech
Tak Gunakan Seatbelt, Mobil Chevrolet Ogah Jalan
0  komentar

AutonetMagz.com – Siapa disini yang sering mengemudi tanpa menggunakan sabuk keselamatan alias seatbelt? Jika kalian salah satu pelakunya, segeralah bertobat karena itu untuk keselamatan kalian sendiri. Nah, sejumlah pabrikan sudah mengembangkan banyak fitur untuk mengurangi tabiat buruk tersebut, mulai mengeluarkan bunyi – bunyian, hingga ada warning mencolok di layar MID atau sistem infotainment. Namun yang cukup ekstrim dilakukan oleh pihak Chevrolet.

Yap, pihak Chevrolet merasa bahwa penggunaan sabuk pengaman selama berkendara adalah sebuah harga mati yang tidak bisa ditawar, dan kami setju akan hal itu. Salah satu cara pihak Chevrolet memastikan bahwa pengguna mobil mereka selalu menggunakan sabuk pengaman selama berkedara adalah dengan menanamkan sebuah fitur baru. Safety Engineer dari Chevrolet mendesain sebuah mekanisme yang membuat transmisi dari mobil mereka tetap terkunci di posisi P jika pengguna tidak menggunakan sabuk pengaman. Sebaliknya, jika pengguna mobil Chevrolet sudah menggunakan sabuk pengaman, maka tuas transmisi bisa digeser.

Selain tuas transmisi yang tak bergeming, mobil juga bakal menampilkan informasi ‘Buckle seat belt to shift’ di MID, barangkali sang pengguna lupa bahwa ada mekanisme tersebut. Fitur yang bernama Bucke Up to Drive ini sendiri merupakan bagian dari protokol sistem Teen Driver System yang dimiliki oleh General Motors. Sistem ini sendiri secara umum adalah sistem cerdas yang memungkinkan para orang tua untuk melakukan pembatasan dan monitoring pada kendaraan yang digunakan oleh anak – anak mereka. Mulai melakukan setting pada batas kecepatan, bahkan hingga batasan dari volume audio di dalam mobil.

Selain itu, dalam sistem ini, fitur ESC alias Stabillity Control di-set pada posisi paling agresif, dan tidak bisa dinonaktifkan. Nah, fitur dalam sistem ini tidak hanya konfigurasi dan juga pembatasan saja, karena sistem ini adalah sistem ‘Cerdas’, maka tentu ada output lain yang dihasilkan. Output yang kami maksud adalah sebuah report mengenai seberapa jauh kendaraan dijalankan, beberapa kali speed warning diaktifkan, bahkan berapa kali ESC diaktifkan. Para orang tua sendiri bakal memiliki PIN khusus untuk bisa mengakses keseluruhan sistem ini. Sayangnya, tak semua mobil Chevrolet memiliki sistem ini.

Sistem semacam ini hanya ada di Chevrolet Colorado, Chevrolet Malibu dan Chevrolet Traverse saja. Nah, menurut kalian bagaimana? Apakah sistem semacam ini perlu ada di mobil – mobil jaman now? Yuk sampaikan pendapat kalian, kawan

Sumber : AutoIndustriya

Read Prev:
Read Next: