Suzuki All New Ertiga : Terlupakan Di Tengah Perubahan Lawan-Lawannya?

Suzuki All New Ertiga : Terlupakan Di Tengah Perubahan Lawan-Lawannya?
0  komentar

AutonetMagz.com – Di tengah gencarnya pemberitaan mengenai perubahan tampilan ataupun adanya generasi terbaru dari rival-rival Suzuki All New Ertiga di kelas LMPV, mobil andalan Suzuki Indonesia yang memiliki tagline ‘Kebanggan Keluarga’ ini sedikit terlupakan. Padahal jika kita telusuri lebih lanjut, mobil ini sempat menjadi sebuah fenomena di awal kemunculannya di tahun 2010 dan biarpun waktu itu hanya tersedia versi manualnya, sambutan masyarakat terhadap Ertiga sangatlah baik, karena Ertiga menawarkan kualitas interior kabin dan kehalusan suspensi yang di atas rival-rivalnya.

Kesuksesan ini berlanjut ke 2013 ketika versi facelift sekaligus versi transmisi otomatisnya tersedia di pasaran, dan untuk menunjang kenyamanan penumpang, tipe GX dan GL juga disematkan Double Blower. Puncaknya, pada 2018 lalu, generasi terbaru yang disebut Suzuki All New Ertiga diperkenalkan di ajang IIMS 2018 dengan tampilan yang berubah menjadi lebih elegan dan perubahan pada mesin yang kali ini menggunakan K15B sekaligus dipadukan dengan transmisi manual maupun otomatis.

Mesin Baru Yang Potensial

Mesin K15B yang juga disematkan di sang legenda Suzuki Jimny ini ternyata memiliki performa yang lumayan dengan output mencapai 104.7 PS dan torsi 138 Nm plus efisiensi bahan bakar di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam mencapai 12.3 km/l atau mencapai 17 km/l di kecepatan konstan 100 km/jam. Selain itu, penggunaan sasis Monocoque dan penggerak roda depan (yang akhirnya juga ditiru oleh rivalnya) memberikan kenyamanan dan kelegaan kabin yang maksimal, ditambah penyematan fitur-fitur safety seperti Dual SRS Airbag, Hill Hold Control, ABS + EBD dan Electronic Stability Programme cukup membuatnya sejajar dengan mobil-mobil di kelasnya.

Pertanyaannya sekarang adalah, mengapa kesannya terlupakan? Padahal jika melihat dari spesifikasi dan kenyamanan, Suzuki All New Ertiga tetap masuk ke dalam rekomendasi LMPV untuk dimiliki. Menurut kami, sekarang saatnya Suzuki Indonesia melakukan penyegaran ataupun mengeluarkan spesifikasi tambahan ataupun varian khusus yang dapat membuatnya kembali menonjol di antara rival-rivalnya dan bisa tetap kompetitif di tengah hujanan model-model baru di Indonesia.

Bagaimana menurut kalian mengenai Suzuki All New Ertiga, apakah mampu bangkit kembali di tengah hantaman rival-rivalnya?

Read Prev:
Read Next: