Suzuki SX4 S-Cross Hybrid Akan Dirilis Tahun Depan!

Suzuki SX4 S-Cross Hybrid Akan Dirilis Tahun Depan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pergerakan dunia otomotif menuju era mesin dengan energi terbarukan dan ramah lingkungan makin gencar. Dan salah satu pabrikan yang mulai mencoba ranah tersebut adalah Suzuki. Nah, salah satu produk Suzuki yang akan mendapatkan kehormatan untuk menjadi produkhybrid dalam waktu dekat ini adalah Suzuki SX4 S-Cross. Yap, Suzuki SX4 S-Cross Hybrid saat ini sedang dalam tahap pengembangan dan dikabarkan akan segera dirilis.

Pihak yang mengembangkan sosok Suzuki SX4 S-Cross Hybrid adalah Maruti Suzuki India. Sebelumnya, pihak Maruti Suzuki sempat menangguhkan proyek mengenai Suzuki SX4 S-Cross Hybrid di awal tahun 2018 kemarin. Namun, mengacu dari kabar via TeamBHP, kini pihak Maruti sudah merevisi rencana mereka. Malahan, kini Suzuki SX4 S-Cross Hybrid sudah dalam tahap pengembangan, dan akan dirilis pada tahun 2020 mendatang. Nah, sejauh ini, Suzuki SX4 S-Cross ditawarkan dalam beberapa opsi mesin.

Pilihan mesin pertama tentu adalah mesin M15a, seperti yang kita kenal di tanah air. Dan opsi mesin kedua adalah mesin diesel VGT D13A dengan tenaga maksimal 90 PS dan torsi 200 Nm. Tak hanya itu, ada juga varian mesin bensin K10C berkubikasi 1.000cc, K14C berkubikasi 1.400cc, M16A bermesin 1.600cc dan juga varian bermesin diesel 1.600cc. Kabarnya, selain muncul varian hybrid dari Suzuki SX4 S-Cross, pihak Maruti Suzuki juga akan meluncurkan satu varian mesin baru lagi untuk pasar India, yaitu varian mesin 1.500cc menggunakan mesin K15B milik Suzuki Ertiga.

Sistem Hybrid Suzuki

Kembali ke masalah hybrid, Suzuki SX4 S-Cross Hybrid sendiri disinyalir akan menggunakan komponen – komponen yang dikembangkan oleh pihak Suzuki bersama dengan BOSCH. Tentunya, pihak Toyota yang juga ikut serta dalam kongsian tersebut juga akan menggunakan komponen yang sama. Nah, kehadiran Suzuki SX4 S-Cross Hybrid sendiri akan membuka keran mobil hybrid dari Maruti Suzuki, apalagi pasca mesin diesel tak lagi menjanjikan keuntungan yang besar pasca aturan BSVI diberlakukan. Mesin hybrid dari Suzuki SX4 S-Cross sendiri diklaim nantinya akan memiliki tingkat keiritan sampai 30% lebih irit dari mesin bensin biasa.

Capaian tersebut jelas lebih tinggi daripada mesin diesel yang hanya membukukan angka 25% saja. Nah, jadi bagaimana menurut kalian dengan sosok Suzuki SX4 S-Cross Hybrid? Semoga bentuknya ikut berubah ya.

Read Prev:
Read Next: