Norwegia Duduki Posisi Pucuk Untuk Urusan Penjualan Mobil Listrik

by  in Berita&International
Norwegia Duduki Posisi Pucuk Untuk Urusan Penjualan Mobil Listrik
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah bukan rahasia lagi jikalau dunia otomotif kini berlomba – lomba untuk memasuki era elektrivikasi. Mulai dari pabrikan, produsen komponen, hingga Negara selaku pembuat kebijakan. Nah, baru – baru ini independent Norwegian Road Federation (NRF) membuat sebuah laporan yang menunjukkan bahwa Norwegia menduduki urutan teratas dalam hal penjualan mobil listrik. Kok bisa? Yuk kita bahas lebih lengkapnya.

Mengutip pemberitaan via Reuters, NRF menjelaskan bahwa penjualan dari mobil listrik di Norwegia meningkat dengan cukup pesat. Penjualan mobil listrik berhasil mencapai 31,2% dari total penjualan mobil di tahun 2018 kemarin yang ada sebanyak 147.929 unit. Jadi, secara jumlah, mobil listrik yang terjual di Norwegia tahun lalu mencapai 46.092 unit banyaknya. Capaian ini jelas merupakan peningkatan, karena di tahun 2017, mobil listrik hanya menduduki 20,8% saja dari total penjualan tahunan, sedangkan di 2016 malah hanya 5,5% saja. Jelas capaian di 2018 menunjukkan bahwa masyarakat lebih aware terhadap kehadiran EV sebagai mobil masa depan. Masyarakat Norwegia ya.

Dari 46 ribu lebih mobil listrik yang dijual di Norwegia, sebanyak 12.303 unit diantaranya adalah Nissan Leaf, yang juga menduduki posisi pertama mobil listrik terlaris di negara tersebut. Posisi kedua diisi oleh BMW i3 yang mampu membukukan penjualan mencapai 5.687 unit selama tahun 2018 kemarin. Nah, capaian ini sendiri merupakan sebuah langkah yang riil menuju target pihak Norwegia yang sudah dicanangkan di tahun 2016 kemarin. Target tersebut adalah penghentian penjualan mobil dengan bahan bakar minyak secara total.

Nah, kepala dari NRF, Oeyvind Solberg Thorsen menyebutkan bahwa peningkatan penjualan dari mobil listrik membawa Norwegia untuk satu langkah lebih dekat ke target mereka di tahun 2025 mendatang. Namun belian juga menyebutkan bahwa pekerjaan rumah masih banyak, dan tahun – tahun kedepan masih panjang, salah satu pekerjaan rumah mereka adalah memastikan 2/3 dari konsumen yang masih membeli mobil berbahan bakar minyak untuk beralih ke mobil listrik. Lantas, bagaimana caranya? Ternyata ada keuntungan khusus waktu konsumen membeli mobil listrik di Norwegia.

Salah dua diantaranya adalah parkir gratis, dan juga pengisian daya gratis di beberapa titik. Selain itu, ada juga keringanan pajak untuk mobil listrik disana. Wah, makanya banyak yang tertarik. Mungkin bisa dicontoh oleh negeri kita tercinta, Indonesia. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: