Suzuki Swift Sport 2020 Akan Menjadi Mobil Mild Hybrid

Suzuki Swift Sport 2020 Akan Menjadi Mobil Mild Hybrid
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan sosok Suzuki Swift Sport? Yap, varian kentjang dan fun dari Suzuki Swift. Tahun ini, Suzuki Swift Sport generasi ketiga (berbasis Swift generasi keempat) telah berusia 3 tahun, dan tiba saatnya pihak Suzuki memberikan sedikit penyegaran pada hatchback bermesin turbo tersebut. Ubahan yang diberikan kali ini cukup menarik, karena sektor yang diubah ada pada dapur pacu. Mesin turbo Boosterjet dari Suzuki Swift Sport akan diberikan tambahan berupa teknologi hybrid.

Menrutip informasi via AutoCar, pihak Suzuki kabarnya akan mulai menjual versi terbaru dari Suzuki Swift Sport di Inggris pada bulan depan. Nah, untuk mengakali semakin ketatnya regulasi emisi di Inggris dan Eropa, pihak Suzuki pun memutar otak dengan menambahkan teknologi mild hybrid pada Suzuki Swift Sport. Untuk mesin yang digunakan sendiri pada dasarnya masih sama, yaitu mesin 1.400cc BoosterJet Turbo. Namun, ada penyesuaian dalam hal keluaran tenaga dan torsi di versi ‘hybrid‘ ini. Awalnya, mesin turbo dari Suzuki Swift Sport mampu menghembuskan tenaga 138hp di 5.500 rpm dan torsi 230 Nm pada 2.500 hingga 3.500 rpm.

Dengan penambahan teknologi mild hybrid, tenaga maksimal dari Suzuki Swift Sport turun menjadi 129 hp, namun torsinya malah naik menjadi 235 Nm yang bisa dikail dari putaran mesin yang lebih rendah, yaitu dibawah 2.000 rpm. Secara tak langsung, Suzuki Swift Sport akan memiliki akselerasi yang lebih ‘nendang’ walaupun secara tenaga menurun. Di versi terbaru ini, Suzuki Swift Sport dibekali dengan Integrated Starter Generator (ISG) yang ditunjang baterai Lithium Ion yang berada di bawah kursi penumpang. Untuk akselerasi sendiri, Suzuki Swift Sport versi terbaru bisa mencapai 100 km/jam dari keadaan diam dalam 9,1 detik, dengan kecepatan maksimal di angka 210 km/jam.

Ini bukan lagi tentang tenaga yang dihasilkan. Kami mencoba sistem hybrid 48V sehingga bisa bekerja dengan lebih efisien di putaran mesin yang lebih rendah. Suzuki Swift Sport memang tidak pernah menjadi hot hatch. Suzuki Swift Sport adalah mobil yang menyenangkan dengan kecepatan yang bagus, tetapi juga aman dan minim masalah”, ujar juru bicara dari Suzuki UK. Jadi, sudah jelas dikalau saat ini Suzuki Swift Sport memang berfokus pada aspek fun dari sebuah mobil. Sedangkan tenaga dan juga kecepatan dari Suzuki Swift Sport bukanlah fokus utama. Masih kencang dan bertenaga, namun masih dalam batas wajar dan aman. Karena Suzuki Swift Sport tidak diciptakan sebagai hot hatch.

Bagaimana menurut kalian? Sayangnya Suzuki Swift Sport ataupun Suzuki Swift sudah tidak dipasarkan di Indonesia lagi.

Read Prev:
Read Next: