Suzuki Karimun Wagon R MPV Siap Hajar Datsun GO+ Panca di India Tahun 2016, Perlukah Indonesia?

Suzuki Karimun Wagon R MPV Siap Hajar Datsun GO+ Panca di India Tahun 2016, Perlukah Indonesia?
0  komentar
Suzuki Karimun Wagon R 3 rows MPV

AutonetMagz.com – Yang kemarin mampir ke IIMS 2013, bisa jadi sudah pernah melihat wujud LCGC dari Suzuki yang sudah melar, yakni Karimun Wagon R MPV berkonfigurasi 5+2 seater. Kira-kira mirip dengan Datsun GO+ Panca, yakni MPV tanggung dan asal jadi berbasis LCGC yang jok baris ketiganya hanya sekedar formalitas, karena sangat sempit. Bisa diisi anak-anak saja sudah sukur, dan tak ada sabuk pengaman di baris ketiganya.

Laporan baru dari GaadiWaadi, Maruti Suzuki di India kini sedang membujuk para vendor suku cadangnya untuk segera menyediakan komponen bagi Wagon R MPV, sekaligus mau langsung dites juga. Itu karena Maruti Suzuki akan meluncurkan Wagon R MPV dilaporkan bakal siap diperkenalkan dan dipasarkan pada bulan September 2016 di negeri Bollywood itu.

Suzuki Karimun Wagon R MPV Interior

Menurut Maruti, mereka yakin Wagon R MPV bisa memenuhi target penjualan hingga 80.000 unit tiap tahunnya. Itu karena mereka akan berkecimpung di dua pasar, pasar mobil penumpang dan pasar mobil komersil menggunakan Wagon R MPV itu. Belum diketahui jenisnya bakal seperti apa yang untuk pasar komersil, entah blind van atau apalah itu.

Mengenai mesin, mesin bensinnya bisa tetap pakai mesin K10B milik Karimun Wagon R yang sekarang atau mesin K12B milik Splash. Kalau dieselnya, kemungkinan terbesar pakai mesin 800 cc 2 silinder DDiS 125 milik Celerio diesel. Supaya tetap mendapat pajak ringan di India, panjang Wagon R MPV akan diusahakan kurang dari 4 meter.

Suzuki Karimun Wagon R MPV

Rival utamanya? Jelas Datsun GO+ Panca, mengingat sama-sama berbasis mobil murah, sama-sama punya kabin baris ketiga serba tanggung, target konsumen sama dan banyak kesamaan lainnya. Ehem, perlu tidak ya Suzuki Indonesia ikut-ikutan juga meresmikan Karimun Wagon R MPV di Indonesia? Kalau menurut pemikiranmu bagaimana? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Ugyz

    kalau bikin mobilnya asal-asalan mending gak usah masuk indonesia… bikin tambah macet aja

  • Christoper

    Mnurut gw mobil ini kgk usah msuk ke indonesia, udh jelek, pede lagi :p

  • farid

    terlalu jelek,mending nih mobil buat pasar di india doang,cukup karimun wagon r doang buat pasar indonesia

  • Jason Pratama

    mesin diesel 2 silinder? ga kebayang getarannya kayak apa..

    • Rizky Nanda Noverianto

      setau ane kalo 2 silinder ngga getar kan soalnya ada pasangannya. Kalo 3 silinder getar soalnya ganjil gaada pasangannya CMIIW

    • er satria

      geterannya mesin diesel 2 selinder kyk mesin genset pompa angin tambel ban bro….klo gak coba aja dengerin mesin Tata pikep EX2 kan 700cc 2 selinder diesel

  • Cak Dri

    Edan… dan maksa…:)

  • petrolhead

    proporsinya makin aneh.. si wagonR aja udah gak imbang, karena terkesan tipis dan menjulang tinggi..ehhh ini mau dipanjangin… makin gak proporsional ajahh..
    Big No.

  • kalo saya liatnya kok oke oke aja y desainnya, cukup enak diliat dan proporsional. bolehlah dibawa ke indo

  • agismaniax

    ayla/agya versi melar kapan nih launching juga?

  • seseorang

    mungkiin susuki kapok setelah liat datsun go+, ‘kenapa ya kita kemarin gk launcing’ mungkin dia takut karena bisa berhasil apa gk. eh liat datsun lumayan laku

  • Bram

    Kalau menggunakan basis suzuki Solio JDM (yang sedang di tes di India saat ini) yang dipanjangkan pasti sangat acceptable untuk pasar Indonesia. Tapi klo modelnya bener-bener wagon r yang dipanjangkan tanpa perombakan kosmetik… pikir dua kali! Karena bakal jadi calon produk gagal.

  • hariyanto hariyanto

    jujur. banyak rakyat indonesia yang tidak mau tertipu oleh branded. mereka tetep pengen harga murah dan vasilitas harus paling banyak. ingat waktu jamannya HP dulu ? Nokia dan Sony ericson adalah brand unggulan. harga bekasnya aja tinggi. Tapi setelah ada HP china yang murah, Double sim, ada radionya, falisitas komplit. maka Nokia dan Sonny akhirnya terguling dipasaran. kini Apple dan samsung sudah mulai lemes karena ada Xiomi, azuz, lenomo, meisu, opo, huwe. Bahkan samsung sampai rela mengeluarkan produk dibawah 1 jutaan..ini hanya karena samsung sudah mulai koret-koret di pasar kaum miskin. sebab pasar kaum mewah jg sudah terpesona dengan merk china. murah dan falisitas jor-joran.
    Mobil-mobil china akan masuk indonesia 2016. kini Volvo, landrover sudah dibeli oleh china. tinggal mercedes dan BWM yang masih enggan dijual. padahal china sudah siap duitnya.
    Bayamgkan jika harga mobil china mirip Kijang diharga 100 juta ? dan mobil kayak NAV1, NOAH, Biante, new serana jika buatan china dan modelnya sama persis diharga 150 juta ? dengan pasti orang-orang kaya jg akan mengincar mobil china, sbb harga bantingan dan vasilitis jor-joran.
    adalah konyol jika untuk NAV 1 dan bainte diharga 400 juta. ini jelas permainan jepang yg kurang waras. China akan mengembalikan logika kurang waras jepang menjadi waras kembali.

    • Hamid

      Analisa menarik