Suzuki Jimny Berpotensi Besar Dijual Dan Diproduksi Lokal di Indonesia

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Suzuki Jimny Berpotensi Besar Dijual Dan Diproduksi Lokal di Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Bagi kalian yang sudah mengunjungi gelaran Telkomsel Indonesia International Motor Show (TIIMS) 2019, maka kalian tentu tahu jikalau pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM dari Suzuki kembali menghadirkan sesosok SUV mungil yang cukuo diidolakan oleh konsumen Indonesia. Yap, Suzuki Jimny kembali dipajang di pameran ini setelah sebelumnya sempat hadir di GIIAS 2018 silam. Lantas, apa tujuan pihak Suzuki kembali memboyong Suzuki Jimny namun belum menjualnya secara resmi?

Jadi, sebenarnya ada sebuah alasan sederhana, karena pihak SIS memang sebenarnya ingin menjual mobil ini. Namun, Seiji Itayama, Presdir dari SIS menyebutkan bahwa masih ada halangan dalam menghadirkan sosok Suzuki Jimny ke pasar Indonesia. Salah satunya adalah harmonisasi pajak PPnBM dengan aturan LCEV. Nah, melalui harmonisasi ini, nantinya pajak dari mobil akan diukur berdasarkan emisi gas buangnya, dan oleh karena itu pihak SIS sejauh ini menunggu goal-nya harmonisasi tersebut untuk menentukan harga dari Suzuki Jimny. Lantas, kapan? Sabar dulu, yang jelas munculnya Suzuki Jimny di IIMS 2019 ini menjadi sebuah ajang studi (lagi) pada konsumen.

Oiya, kami juga memiliki dua orang sumber yang sempet memberikan informasi terkait sosok Suzuki Jimny. Sumber pertama menyebutkan bahwa saat ini sosok Suzuki Jimny sedang dalam tahap survey persiapan launching. Nah, tentunya kata ‘Launching’ disini sangat memberikan harapan kepada kita, karena memang mobil ini sudah dua kali dipajang namun belum dilepas ke pasaran. Sedangkan sumber kedua yang lebih dekat ke jaringan diler menyebutkan bahwa sejatinya belum ada kabar resmi mengenai sosok Suzuki Jimny, hanya saja menjadi sebuah hal yang ‘unik’ jikalau pihak SIS menghadirkan Suzuki Jimny sebanyak 2 kali namun hanya sebuah preview.

Jadi, apakah Suzuki Jimny bakal dirilis dalam waktu dekat? Nampaknya masih 50:50, namun memang beredar kabar jikalau pihak Suzuki sudah membuka keran pemesanan Suzuki Jimny di IIMS 2019 ini walaupun harga dari mobil ini masih belum jelas. Di lain pihak, Deputy Executive General Manager Suzuki Motor Corporation (SMC) Asia, Shuji Oishi, membenarkan bahwa Suzuki Jimny bakal menjadi komoditas baru untuk pasar Indonesia. Oishi-san juga menyebutkan bahwa nantinya Suzuki Jimny bakal dirakit lokal, bukan dihadirkan CBU seperti beberapa negara lain. Salah satu alasan mengapa Suzuki Jimny bisa dirakit di Indonesia adalah karena faktor mesin K15B yang juga diproduksi di Indonesia.

Nah, lantas, dari keterangan beberapa sumber ini, menurut kalian apakah Suzuki Jimny akan benar – benar launching dalam waktu dekat ini? Kalau kami, kami berharap mobil ini bakal menjadi kado spesial bagi publik Indonesia di GIIAS 2019 mendatang. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: