Maruti Suzuki Swift, Mobil Terlaris Di India!

by  in Berita&Suzuki
Maruti Suzuki Swift, Mobil Terlaris Di India!
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah rilis perdana pada Februari 2018 di India, akhirnya generasi ketiga dari hatchback khas Suzuki ini menjadi mobil paling laris di negara tersebut pada 2020 lalu. Selain mencatatkan penjualan sebanyak 160.700 unit, di tahun yang terbilang sulit itu juga Maruti Suzuki selaku agen pemegang merk (APM) di India telah mencapai total penjualan sebanyak 2,3 juta unit Swift dari generasi pertamanya. What a great milestone Maruti!

Shashank Srivastava, Executive Director (Marketing & Sales Division) Maruti Suzuki India, menjelaskan bahwa Suzuki Swift selama 15 tahun terakhir sudah menjadi hatchback premium terlaris di negaranya. Terlepas dari dampak pandemi, mengutip RushLane, Suzuki muncul sebagai manufaktur dengan penjualan mobil tertinggi tahun lalu dengan mencatatkan total hingga 1.183.777 unit. Sementara posisi kedua ditempati Hyundai (407.800 unit) dan di posisi ketiga ditempati Tata (145.394 unit). Perbedaan yang sangat amat kontras tentunya.

Dominasi Maruti Suzuki

Fakta yang tak kalah menarik adalah, podium lima besar mobil terlaris di India pada 2020 kemarin semuanya didominasi oleh Maruti Suzuki! Di posisi kedua setelah Swift adalah Alto (154.076 unit) yang sebelumnya jadi mobil terlaris India pada 2019, Baleno (153.986 unit), Wagon R (148.298 unit), dan saudara-bentuk-sedan-nya Swift yaitu Dzire (124.969 unit).

“Kami mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada pelanggan setia kami atas dukungan dan kepercayaan mereka yang konstan pada merek Swift. Saya yakin bahwa dengan dukungan pelanggan yang berkelanjutan, Swift akan berhasil mencapai lebih banyak pencapaian di masa depan,” ucap Srivastava.

Indonesia Belum Ada Niatan Jual Nih?

Saat ini Maruti Suzuki Swift di India hanya tersedia dalam pilihan mesin bensin K12M (1,2 L 4-silinder n/a) saja yang mengeluarkan output 82 hp dengan torsi 113 Nm dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau automated manual transmission (AMT) 5-percepatan. Sebelumnya hadir pilihan mesin diesel D13A yang lebih powerful dengan pilihan transmisi yang sama seperti mesin bensinnya, namun sayang sudah discontinued.

Menurut data internal Maruti Suzuki India, 53% pelanggan yang membeli Swift di India sudah berumur 35 tahun. Angka tersebut membuktikan bahwa hatchback khas Suzuki ini cocok untuk masyarakat yang sedang membangun karir nih. Tuh Suzuki Indomobil Sales, cocok banget buat kaum eksekutif muda di Indonesia biar banyak pilihannya gak cuma merk ‘T’ bulat sama ‘H’ tegak aja! Menarik bukan jika Suzuki Swift ini masuk ke dalam segmen hatchback pasar Tanah Air?

Yakinkah kalian jika Maruti Suzuki Swift hadir di sini, dapat menggempur pasar Indonesia setelah merajai pasar India? Apakah eksistensinya mampu mengganggu tahta ‘T’ bulat dan ‘H’ tegak yang dominan di Tanah Air kita? Berikan komentar terbaikmu pada kolom di bawah.

Read Prev:
Read Next: