SUV Berbasis All New Toyota Yaris Akan Muncul Akhir Tahun

SUV Berbasis All New Toyota Yaris Akan Muncul Akhir Tahun
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika selama ini kalian menganggap bahwa Toyota C-HR adalah sebuah SUV atau crossover berbasis Toyota Yaris, maka kalian keliru. Hubungan antara Toyota Yaris dan Toyota C-HR berbeda dengan hubungan Honda Jazz dan HR-V, ataupun Mazda2 dan CX3. Toyota Yaris terbaru dibangun dengan basis TNGA-B yang notabene lebih kompak dibandingkan dengan TNGA-C milik Toyota C-HR. Nah, penggunaan platform baru di All New Toyota Yaris sendiri membuka peluang kehadiran sebuah produk baru.

Yap, seperti kalian baca di judul, pihak Toyota berniat untuk menggunakan basis dari All New Toyota Yaris untuk memproduksi sebuah SUV. Nah, mengutip dari AutoExpress, nantinya sosok SUV berbasis TNGA-B tersebut akan masuk di segmen sub compact SUV alias Crossover dan bertarung dengan Nissan Kicks, Nissan Juke, Honda HR-V, Mazda CX-3 dan Renault Captur. Belum jelas apakah SUV ini nantinya akan menggunakan nama ‘Yaris’ pula, seperti All New Toyota Yaris Cross contohnya atau malah menggunakan nama yang sepenuhnya baru. Namun, kehadiran SUV berbasis TNGA-B ini tergolong baru untuk line up Toyota.

Kabarnya, SUV berbasis All New Toyota Yaris ini akan diperkenalkan di penghujung tahun 2020 ini, yang mana sepertinya saat ini sang mobil sudah masuk dalam fase pengujian. Secara dimensi, SUV ini nantinya tidak akan terlalu jauh berbeda dengan All New Toyota Yaris. Executive VP Toyota untuk Eropa, Matt Harrison menjelaskan bahwa segmen yang akan dimasuki oleh SUV baru ini sedang berkembang. Beberapa konsumen yang sebelumnya berada di C-Segmen dan menginginkan mobil yang lebih kompak bisa melirik ke SUV ini. Selain itu, Toyota C-HR juga sudah menunjukkan peforma apik di pasar Eropa sejak diperkenalkan.

Mengacu pada platform TNGA yang digunakan di All New Toyota Yaris, maka besar kemungkinan SUV ini akan ditawarkan dalam format FWD. Namun, karena keleluasaan TNGA-B untuk dimodifikasi menggunakan suspensi multi link di sisi belakang, maka ada peluang juga mobil ini akan ditawarkan dalam skema AWD. Untuk urusan mesin, bisa jadi SUV ini akan mencomot mesin 1.500cc Hybrid milik All New Toyota Yaris yang bertenaga 113 hp. Walaupun begitu, varian 1.500cc Dual VVT-i agaknya juga masih cocok untuk ditawarkan di SUV ini. Kami tak sabar untuk menanti seperti apa kejutan Toyota di segmen ini.

Oiya, jangan salah kaprah ya, All New Toyota Yaris yang kami maksud adalah All New Toyota Yaris versi Jepang dan Eropa, bukan versi ASEAN dan Indonesia. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: