Subaru WRX STI Bakal Pamit dari Eropa Tahun 2018

by  in International&Subaru
Subaru WRX STI Bakal Pamit dari Eropa Tahun 2018
0  komentar

AutonetMagz.com – Subaru keukeuh mempertahankan resep WRX STI sebagai mobil reli klasik yang memberikan secercah rasa bagaimana rasanya mengendarai mobil reli tahun 1990-an. Pendekatan yang bagus dan romantis, tapi masalahnya, resep klasik susah bertahan di dunia yang berubah cepat ini. Di pasar Eropa, Subaru WRX STI mudah saja jadi bulan-bulanan bagi hot hatchback seperti Mercedes AMG A45, Renault Megane RS, Ford Focus RS dan VW Golf GTI Clubsport S.

Kalau sudah begini, pilihannya tinggal 2 : Melawan atau mundur. Nah, Subaru sepertinya memilih yang kedua, sebab Subaru Jerman telah mengkonfirmasi bahwa produksi Subaru WRX STI untuk pasar Eropa akan dihentikan pada awal musim panas 2018. Alhasil, Subaru WRX STI MY2018 akan menjadi model terakhir yang dijual di Eropa, menandai berakhirnya produksi WRX STI selama 17 tahun untuk Eropa.

Dalam sebuah pernyataan, managing director Subaru Deutschland Christian Amenda mengatakan peraturan emisi yang ketat di Eropa membuat STI sulit bertahan. “WRX STI memiliki sejarah motorsport yang panjang dan sukses, basis penggemarnya memang kecil namun mereka setia. Peraturan emisi yang semakin ketat di Eropa membuat mobil sport klasik semacam itu menjadi lebih tertekan, oleh karena itulah pabrikan memutuskan untuk menghentikan produksi.”

Pada awal musim panas 2018, tidak ada WRX STI baru yang akan diproduksi untuk pasar Eropa, namun penjualan akan diperpanjang hingga setidaknya akhir 2018 dengan pre-order yang cukup. Tentu saja, kami ingin memberikan mobil yang jadi juara 24 Hours Nürburgring Nordschleife sebanyak 4 kali di kelasnya sebuah salam perpisahan yang pantas, dan saat ini sedang kami kerjakan,” kata Amenda.

Meski sangat terkenal di seluruh dunia, WRX STI belum pernah memberikan sumbangsih penjualan yang besar untuk Subaru di Jerman. Faktanya, Subaru WRX STI baru terjual 859 unit di sana sejak 2011. Kecil ya? Ada kabar pula bahwa Subaru masih menilai masa depan WRX STI di pasar lain. Mungkin saja model generasi berikutnya akan mengadopsi teknologi hybrid. Yah, semoga ada cara lain untuk membuat WRX STI bertahan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: