Smart Vision EQ Concept, Mobil Full Autonomous Two Seater

Smart Vision EQ Concept, Mobil Full Autonomous Two Seater
0  komentar

AutonetMagz.com – Entah mengapa beberapa hari ini pabrikan  – pabrikan mobil dunia sedang bergairah untuk memperkenalkan kemampuan mereka memproduksi mobil listrik. Apakah era mobil dengan BBM Fosil memang sudah ada di ujung tanduk, sehingga pabrikan berlomba – lomba menelurkan mobil bertenaga listrik? Bisa jadi, namun hal ini bukanlah hal yang negatif, tetapi malah sebaliknya. Masa depan yang menunjukkan gambaran mobil yang berseliweran semua bertenaga listrik itu sudah dekat.

Dan sebagai salah satu induk otomotif dunia, Daimler juga turut berpartisipasi dalam usaha memproduksi mobil listrik, dan kali ini melalui anak perusahaannya, Smart, sebuah mobil konsep mungil bertenaga listrik pun diperkenalkan. Adalah Smart Vision EQ Concept yang mencuri start sebelum Frankfurt Motor Show 2017. Model Smart Vision EQ Concept ini mengambil rupa layaknya Smart ForTwo yang hanya bisa dikendarai oleh dua orang saja. Mobil ini diperlengkapi dengan teknologi yang menarik yaitu full autonomous driving system.

Smart Vision EQ Concept juga menandai produk pertama dari Smart yang hadir dibawah brand EQ. Dan dengan kehadiran mobil mungil ini, dimulailah pula langkah grup Daimler yang telah merencanakan 10 buah mobil listrik hingga tahun 2022, dan dimulai oleh produk Smart Vision EQ Concept ini dan diikuti sejumlah produk listrik lain dengan model SUV besar. Smart Vision EQ Concept sendiri tak memiliki kontrol berupa setir di sisi dalam mobilnya, hal ini dibutuhkan karena kontrol mobil sendiri diambil alih oleh sistem yang terhubung pada perangkat mobile milik pengendara ataupun via voice input, keren.

Dashboard model konvensional juga absen di mobil ini dan digantikan oleh layar berukuran 24 inci yang dikelilingi dengan frame  dengan warna rose gold. Selain layar yang segede gaban itu, masih ada pula dua layar kecil berukuran 4 inci yang masing  – masing dapat menampilkan informasi berupa sapaan “hello”. Jadi secara umum, interior dari Smart Vision EQ Concept ini bisa dikatakan seperti mimpi dan angan akan sebuah mobil di masa depan, yang secara logika masih jauh untuk direalisasikan, namun bukan berarti tak bisa.

Berpindah ke sisi eksterior, masih ada siluet Smart ForTwo di Smart Vision EQ Concept ini, selain karena kapasitas muatnya yang sama. Smart Vision EQ Concept menggunakan grille berwarna hitam yang mana juga bisa digunakan sebagai alat komunikasi dengan pengguna jalan lain karena ternyata grille ini adalah sebuah monitor yang berisi informasi. Tak ada pintu dari rangka besi di Smart Vision EQ Concept, melainkan sebuah kaca lebar yang menggantikan peran sebuah pintu. Dan sisi belakangnya tak kalah futuristis dengan absennya lampu belakang dan digantikan dengan display LED yang bisa menunjukkan informasi seperti grille depannya.

Smart Vision EQ Concept sendiri dibekali dengan baterai dengan daya 30 kWh, sedangkan jika mobil ini tak sedang digunakan, mobil ini akan berjalan sendiri menuju tempat pengisian daya dan mengisi dayanya sendiri, agak serem tapi keren. Bagaimana menurut kalian? Aneh? Tapi mungkin seperti itulah masa depan, jadi kita lihat saja apakah teknologi macam ini aan menjadi teknologi lazim di masa yang akan datang.

Read Prev:
Read Next: