Smart SIM Akan Diperkenalkan 22 September, Lebih Canggih!

by  in Berita&Nasional
Smart SIM Akan Diperkenalkan 22 September, Lebih Canggih!
0  komentar

AutonetMagz.com – Perkembangan teknologi jaman now sudah cukup pesat, dan perlahan namun pasti kita sudah dimudahkan dalam banyak hal termasuk dalam hal otomotif. Setelah mempopulerkan penggunaan chip pada e-KTP, dan e-Passport, kini penggunaan teknologi serupa merambah pada Surat Ijin Mengemudi alias SIM. Pihak Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) berinovasi dengan menghadirkan Smart SIM yang bisa memuat beberapa data penting dari sang empunya.

ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/hp.

Nah, mengutip dari akun resmi TMC Polri, Kakorlantas Polri, Irjen Refli Andri menyebutkan bahwa pihaknya sudah melakukan soft launching untuk Smart SIM pada hari senin, 26 Agustus kemarin. Setelah itu, pihak Korlantas Polri bakal meluncurkan secara resmi Smart SIM pada tanggal 22 September 2019 mendatang yang sekaligus bertepatan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara. Tentunya kalian sudah bisa menduga apa yang berbeda dari Smart SIM jikalau dibandingkan dengan SIM biasa yang kita miliki. Kata ‘Smart’ pada Smart SIM tentunya memiliki arti penting.

Irjen Refli menjelaskan bahwa Smart SIM dilengkapi dengan chip yang memiliki tugas untuk menyimpan data penting dari si pengguna. Nah, data penting yang akan disimpan dalam dalam Smart SIM antara lain adalah Nama pemilik, Alamat, Tempat dan Tanggal Lahir, serta riwayat pelanggaran yang dilakukan oleh si pemilik. Nah, data – data ini tercatat secara otomatis, dan bersifat online serta real time. Pihak Korlantas Polri sendiri saat ini tengah melakukan uji coba pada Smart SIM, sehingga saat Smart SIM ini diperkenalkan ke masyarakat, maka bisa langsung digunakan secara maksimal.

Oiya, fungsi lain dari Smart SIM ini adalah sebagai uang elektronik. Untuk nominal dari uang elektronik di dalam Smart SIM sendiri bisa memuat hingga 2 juta Rupiah, dan layanan ini dihadirkan oleh pihak Polri dengan menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkait. BUMN yang dimaksud disini adalah BNI. Nah, tentunya kami berharap kehadiran Smart SIM ini akan memberikan dampak positif pada para pemegangnya, termasuk untuk lebih tertib dalam berkendara di jalan. Apalagi, riwayat pelanggaran sudah bisa terdeteksi di dalam Smart SIM ini.

Kalau menurut kalian bagaimana? Yuk sampaikan pendapat kalian, kawan.

Read Prev:
Read Next: