Skandal Berbuntut Panjang, Daihatsu Hentikan Distribusi Beberapa Produknya

by  in  Berita & Daihatsu & International
Skandal Berbuntut Panjang, Daihatsu Hentikan Distribusi Beberapa Produknya
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingatkah dengan kasus Daihatsu memanipulasi hasil crash test pada April lalu? Masalah tersebut ternyata berbuntut panjang yang melibatkan banyak model, baik itu model JDM hingga model yang sering lalu-lalang di sekitar kita. Ada total 64 model yang terdampak, model tersebut mencakup kendaraan merek Daihatsu dan model yang dipasok sebagai model OEM ke Toyota, Mazda, Subaru, bahkan Perodua juga ikut terdampak.

Masalahnya Sama

Investigasi menemukan terdapat 174 kasus baru di 25 item pengujian, selain tidak teraturnya trim pintu pada bulan April dan tidak teraturnya uji tabrakan sisi tiang pada bulan Mei. Menanggapi temuan ini, Daihatsu memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman dari semua model yang terdampak baik di Jepang maupun di luar negeri. ADM dan TMMIN juga terdampak pada hal ini, termasuk versi ekspor dari beberapa produknya.

Masalah utamanya mirip-mirip, dimana unit kontrol airbag yang digunakan saat crash test berbeda dengan yang dijual ke publik. Meskipun unit yang dijual belakangan terbukti mematuhi peraturan, temuan lebih lanjut mengungkap bahwa lapisan dalam pintu depan untuk beberapa model dimodifikasi. Bagian dalam pintu tersebut dikhawatirkan dapat pecah dengan ujung yang tajam dan berpotensi menyebabkan cedera pada penumpang saat kantung udara samping mengembang.

Banyak yang Terdampak

Kasus ini juga terdampak pada mobil yang sering kita jumpai, walaupun masih dalam tahap investigasi. Diantaranya duet kembar Toyota Agya – Daihatsu Ayla berikut Perodua Axia, Toyota Avanza – Veloz – Daihatsu Xenia berikut Perodua Alza, Toyota Raize – Daihatsu Rocky berikut Perodua Ativa, Toyota Yaris/Vios, Perodua Myvi (yang mungkin akan berdapmak pada Daihatsu Sirion disini), Toyota Yaris/Vios, Toyota Rush berikut Perodua Aruz, bahkan Toyota Yaris Cross.

Masalah ini juga berdampak pada Toyota Town Ace/ Mazda Bongo sebagai saudara kembar dai Daihatsu Gran Max. Tetapi mengingat Daihatsu Gran Max yang dijual disini tidak dilengkapi denga airbag, sepertinya tidak terdampak, atau malah justru lebih berbahaya lagi mengingat materialnya beda? Begitu juga dengan Daihatsu Terios yang tidak ada dalam daftar, apa mungkin karena belum dites? Apapun itu tunggu pengumuman selanjutnya dari Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor ya!

Read Prev:
Read Next: