Singapura Siap Larang Mobil Bermesin Konvensional pada 2030

by  in  Berita & International & Mobil Listrik
Singapura Siap Larang Mobil Bermesin Konvensional pada 2030
0  komentar

Autonetmagz.com – Walaupun elektrifikasi kendaraan mungkin masih baru-baru ini digalakkan di Indonesia, lain halnya dengan negara tetangga kita. Tampaknya warga Singapura lebih menginginkan undang-undang baru untuk beralih ke mobil listrik menurut penelitian yang dilakukan oleh Polestar. Ada sekitar 42% responden mendukung pelarangan mobil bermesin konvensional (ICE) pada tahun 2030 atau lebih bahkan bisa lebih cepat lagi.

Hasil Surveynya

Studi menunjukkan 42% konsumen mendukung pelarangan mobil bermesin pembakaran internal (ICE) pada tahun 2030. Angka tersebut meningkat menjadi 47% untuk mobil bermesin ICE yang akan dilarang bila dimundurkan tahunnya menjadi 2035. Dari mereka yang disurvei, 75% diantaranya percaya bahwa masyarakat membutuhkan kendaraan listrik untuk melestarikan iklim dan lingkungan untuk generasi mendatang.

Di antara negara-negara yang disurvei di kawasan ini, Korea Selatan menempati peringkat tertinggi dengan 48% untuk menyambut undang-undang baru yang melarang mobil ICE pada tahun 2030 atau lebih awal, diikuti oleh Inggris (44%) dan Singapura (42%). Negara Eropa mengikuti ada Jerman dengan 37%, sementara China mencapai 35%. Entri penting lainnya termasuk Australia (34%) dan AS (33%), Selandia Baru (28%), Norwegia (27%) dan Finlandia (20%) melengkapi daftar.

Kebijakan Kedepannya

Dengan hanya 1,5% kendaraan di jalan saat ini yang menggunakan listrik, jelas kita hidup dalam bubble EV, bukan EV booming,” kata Thomas Ingenlath, CEO Polestar. “Kami membutuhkan kebijakan negara untuk memimpin dengan kebijakan yang kuat, baik pada infrastruktur dan mengatasi harga listrik sehingga konsumen dapat dengan percaya diri menggunakan listrik, tetapi yang lebih penting, produsen mobil harus bertindak sekarang dan tidak menunggu perubahan kebijakan,” tambahnya.

Pada Juni 2022, Dewan Menteri Lingkungan Eropa menyetujui bahwa pada tahun 2035, mobil baru yang dijual di pasar Eropa harus merupakan kendaraan nol emisi. Negara-negara seperti Thailand, Jepang, Inggris dan Kanada telah mengumumkan bahwa mobil ICE akan dilarang pada tahun 2035. Audi dan Volkswagen juga mengatakan akan menghapus mobil ICE pada tahun 2035 sementara Subaru dan Mazda mengumumkan bahwa kendaraannya akan ditenagai listrik pada tahun yang sama.

Read Prev:
Read Next: