Shell Adakan Eco-marathon Asia 2023 di Mandalika, Diikuti Lebih dari 50 Tim

by  in  Berita & Event & Nasional
Shell Adakan Eco-marathon Asia 2023 di Mandalika, Diikuti Lebih dari 50 Tim
0  komentar

AutonetMagz.com – Indonesia kembali menjadi tuan rumah dari Shell Eco-marathon Asia. Kometisi tersebut akan diselenggarakan di tahun 2023 pada tanggal 4-9 Juli 2023 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bagi yang belum tau, Shell eco-marathon adalah kompetisi untuk mengembangkan ide-ide inovatif agar kendaraan bisa lebih efisien. Kompetisi ini akan mempertemukan lebih dari 80 tim dari 14 negara di kawasan Asia dan Timur Tengah.

Terkait Kompetisi

Tahun ini, ada lebih dari 50 tim peserta dari berbagai provinsi di Indonesia yang akan turut berpartisipasi. Selain menjadi ajang kompetisi adu inovasi, Shell Eco-marathon juga menjadi wadah koneksi bagi pelajar, pelaku bisnis, akademisi sampai pemangku kepentingan. Sehingga, disini mereka juga bisa mengembangkan ide-ide sekaligus menghadirkan inovasi untuk masa depan dan menghadirkan solusi untuk mobilitas yang lebih cerdas.

Peserta Shell Eco-marathon akan berkompetisi dalam dua kategori yakni Urban Concept dan Prototype. Kategori Prototype menciptakan desain kendaraan masa depan (biasanya beroda tiga) untuk memaksimalkan efisiensi. Sementara kategori Urban Concept menciptakan kendaraan konvensional roda empat hemat energi sesuai kebutuhan transportasi, khususnya perkotaan. Sumber energi atau bahan bakar yang digunakan juga bervariasi. Bisa berupa baterai listrik, hydrogen fuel-cell, bensin, etanol, atau bahkan diesel.

Siapa Saja yang Bertanding?

Di Shell Eco-marathon Asia 2023, Indonesia menjadi negara yang paling banyak mengirimkan perwakilannya. Lebih dari 50 tim yang berasal dari berbagai universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Diantaranya Batavia Gasoline Team 2 dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang akan bertanding di kategori UrbanConcept dengan Team Bumi Siliwangi 2 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Tahun ini, untuk pertama kalinya juga ada tim dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ikut meramaikan di kategori Prototype.

Kompetisi Shell Eco-marathon Asia 2023 kali ini juga akan menghadirkan berbagai rangkaian acara lainnya. Aca tersebut juga dapat dikunjungi oleh para peserta, seperti seminar Shell Mobility, Shell LiveWIRE, Shell NXplorers, Shell Indonesia Women’s Network, juga Paddock Tour yang akan melibatkan berbagai pihak termasuk pelajar, mitra bisnis, pemangku kepentingan dan pelaku industri lainnya.

Read Prev:
Read Next: