Setelah Indonesia, Produksi Chevrolet Aveo di Thailand Juga Akan Ditutup

Setelah Indonesia, Produksi Chevrolet Aveo di Thailand Juga Akan Ditutup
0  komentar
pabrik-chevrolet-aveo

AutonetMagz.com – Masih segar di ingatan kita kalau ada kabar tak sedap dari General Motors (GM) yang terpaksa harus menutup pabriknya yang membuat Chevrolet Spin di Indonesia. Kabar sedih sejenis ternyata juga terjadi di Thailand, di mana pabrik Chevrolet yang tiap harinya rajin memproduksi mobil-mobil Chevrolet seperti Aveo dan Captiva juga akan menghentikan produksi Aveo yang juga dikenal sebagai Chevrolet Sonic.

Produksi Aveo akan dihentikan pertengahan tahun ini. Bersamaan dengan kabar ini, muncul pula pemberitaan bahwa General Motors akan melakukan repositioning brand Chevrolet untuk daerah Asean sebagai produsen SUV dan double cabin, sebagaimana Thailand telah dipercaya untuk merakit Captiva dan Trailblazer untuk pasar Asean.

produksi-chevrolet-captiva

Selain penutupan produksi Aveo, Chevrolet ternyata juga telah mengundurkan diri dari program Eco Car Thailand Fase kedua yang dihuni oleh rivalnya seperti Toyota Yaris Thailand yang bermesin 1.200 cc. Menanggapi berita ini, berikut adalah komentar GM South East Asia Operations president Tim Zimmerman tentang alasan penutupan beberapa pabrik GM :

Kita harus mempercepat transformasi operasi kami di Asia Tenggara, khususnya Thailand mengingat permintaan pasar domestik lesu, dengan menerapkan perubahan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan daya saing kita, mempercepat semua proses, dan menempatkan kami dalam posisi yang lebih baik untuk mencapai pertumbuhan di masa depan. “

2014 New Chevrolet Captiva facelift 2014 tipe AWD

Sepertinya salah satu langkah transformasi yang dimaksud beliau adalah repositioning brand Chevrolet yang sudah kami beri tahu di paragraf kedua. Kita juga mengenal kalau SUV dan double cabin Chevrolet termasuk salah satu yang terbilang sukses dibanding model lainnya, dan di Indonesia Captiva-lah yang paling sering terlihat di jalanan mewakili brand Chevrolet.

chevrolet-sonic-concept

Lain Captiva, lain pula Aveo. Sebenarnya hatchback yang juga muncul di film Transformers : Age of Extinction ini bukanlah produk yang buruk menurut kami. Tapi entah apa alasannya, ia kalah laku dibanding hatchback lain, bahkan dibanding Ford Fiesta sekalipun yang sama-sama merek Amerika.

Apapun alasan dan keputusannya, kita hanya bisa berharap kalau manajemen baru pasca transformasi GM Asean akan membawa hasil yang lebih positif, baik untuk pihak GM sendiri maupun untuk pertumbuhan kualitas otomotif Asean. Bagaimana pendapat anda tentang fenomena ini? Sampaikan pendapat anda di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: