Serba 7 SUV 300 Jutaan : Pasar Yang Gemuk!

by  in Berita&DFSK&Honda
Serba 7 SUV 300 Jutaan : Pasar Yang Gemuk!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasar SUV di Indonesia terutama di kelas compact SUV perlahan mulai bergeser. Setelah dahulu banyak SUV atau MPV yang bersolek sebagai SUV banyak bermain di kisaran 200 hingga 300 Jutaan Rupiah, sekarang mobil yang bisa dibilang dari lahir memang dirancang sebagai SUV atau Crossover (bukan MPV yang didandanin jadi Crossover/SUV) malah lebih banyak bermain di kisaran harga 300 jutaan rupiah ke atas. Jadi mari kita lihat 7 pilihan SUV yang saat ini tersedia di pasar Indonesia dengan kisaran harga mulai dari 300-400 Juta rupiah:

1. Honda HR-V

Mobil yang bisa dibilang salah satu jagoan Honda di segmennya ini memang laris manis bak kacang goreng. Dengan tampilan yang bisa diterima banyak orang, mesin 1.500 yang bertenaga di kelasnya, dan nama besar Honda, ditambah fleksibilitas pelipatan kursi serta ruang yang terbilang lega membuat Honda HR-V berhasil merebut tampuk kepemimpinan Mobil Compact Honda yang dahulu dipegang oleh Honda Jazz. Honda HR-V tersedia dari kisaran 319 sampai 337.1 Juta untuk varian E dan E special edition. Varian lain? Tentu ada, yaitu varian 1.800cc Prestige dan versi Mugen, namun banderolnya sudah diluar bahasan kali ini.

Honda HR-V 
1.5 E CVT               319.000.000 
1.5 E CVT Special Edition               337.100.000 

2. DFSK Glory i-Auto

Mobil yang dasarnya adalah versi facelift dari DFSK 580 ini memang sebenarnya dilengkapi dengan fitur yang cukup menggoda, namun tetap ada beberapa kesan yang menunjukkan DFSk kurang all-out di segmen ini. Apa saja? Sebut saja seperti Voice command yang masih bahasa Inggris saat rivalnya memiliki versi bahasa Indonesia, lalu desain yang biarpun lebih fresh tapi tidak bisa terlepas dari Glory 580 sebagai pendahulunya, serta hanya tersedianya dalam 1 varian yang membuat mobil ini tidak dapat mencapai potensi maksimalnya. Alhasil, walaupun banyak aspek menarik di mobil ini, pada kenyataannya penjualan mobil ini masih jauh dari kata memuaskan. DFSK I-Auto saat ini hanya tersedia dalam 1 varian dengan harga 335 juta Rupiah.

DFSK I-Auto 
Glory I-Auto               335,000,000 

3. Mazda CX3 1.5L Sport

Di segmen ini, akhirnya Mazda juga tidak mau ketinggalan. Baru-baru ini mereka memperkenalkan Mazda CX-3 dengan mesin yang lebih terjangkau kapasitasnya, yaitu 1.500 cc, setelah sebelumnya CX-3 hanya tersedia dalam varian 2.000cc saja. Mazda CX3 1.5 L Sport ini tetap memiliki semua ciri khas Mazda seperti styling KODO, kelincahan dan keasikan berkendara, serta performa mesin yang cukup untuk penggunaan harian. Memang kabinnya bukan yang paling lega, tapi untuk para pendamba kenikmatan berkendara, mobil ini patut dipertimbangkan. Mazda CX3 1.5L hanya tersedia dalam 1 varian saja (Varian Sport) seharga 339.9 Juta Rupiah.

Mazda CX3 
1.5 Sport               339,900,000 

4. Wuling Almaz RS

Bisa dibilang mobil ini cukup revolusioner di kelasnya, karena pendahulunya saja (Non RS) sudah menawarkan fitur dan kelengkapan setara SUV 400-500 jutaan dengan harga mulai dari 260 jutaan saja. Dan di versi terbarunya ini, Almaz RS membawa segmen ini ke level berikutnya dengan sistem Internet of Vehicles (Telematics) dan ADAS (Advance Driver Assistance System) yang biasanya ditemui di mobil-mobil 500 jutaan ke atas. Gilanya lagi, semua itu dibungkus dengan harga yang lumayan tidak masuk akal, dimana konon katanya harga ini merupakan hasil subsidi dari Wuling sendiri agar mobilnya lebih kompetitif di segmen ini. Wuling Almaz RS dihargai mulai dari 345.8 juta sampai 364.8 juta yang dimana harga ini hanya berlaku sampai akhir bulan Mei ini saja.

Wuling Almaz RS 
1.5 RS EX 5 Seater               345,800,000 
1.5 RS EX 7 Seater               355,300,000 
1.5 RS Pro               364,800,000 

5. Suzuki SX4 S-Cross

Mobil ini sebenarnya unik, karena pendahulunya, sang SX4 merupakan salah satu compact crossover pertama di Indonesia, dan cukup revolusioner di eranya. Mobil ini pertama kali masuk ke Indonesia dengan versi pre-faceliftnya terlebih dahulu dan tersedia hanya sebentar saja, sebelum Suzuki menggantinya dengan model yang saat ini dijual, dimana banyak orang yang bilang versi ini mirip dengan BMW X1 pahe. Selain desainnya yang cukup menarik, pada dasarnya mobil ini seperti halnya mobil-mobil Suzuki lainnya, diseting dengan bantingan yang moderat, kelegaan kabin dan performa mesin yang cukup, ditambah durabilitas sebuah Suzuki, sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari. Pada awalnya mobil ini dijual di bawah 300 jutaan, namun setelah mengalami beberapa kenaikan harga, S Cross tersedia saat ini dengan banderol mulai dari 302 Juta sampai 317 Juta Rupiah

Suzuki S Cross 
SX4 MT               302,000,000 
SX4 AT               317,000,000 

6. Hyundai Kona

Hyundai Kona yang merupakan produk crossover pertama dari Hyundai, dan untuk di segment ini sebenarnya merupakan produk yang cukup nikmat dikendarai. Memang penggunaan mesin Atkinson membuat performa bawahnya cenderung terlalu halus untuk selera kebanyakan orang, tetapi ini memiliki efek samping keiritan konsumsi BBM yang baik untuk sebuah mesin 2.000 cc yang sesuai untuk digunakan harian. Selain itu, Kona sendiri punya karakter khas Hyundai – Hyundai yang dijual di Eropa, ditandai dengan keheningan kabin yang baik, ditambah performa dan handling yang sigap.

Hanya saja, tidak banyak fitur yang disematkan di dalam mobil buatan korea ini, sehingga membuatnya terlihat tidak terlalu kompetitif di pasar kita. Omong-omong, mobil ini tersedia dalam versi full listriknya juga, namun sayang harga versi listriknya cukup tinggi untuk kebanyakan orang di Negeri ini saat ini. Hyundai Kona Gasoline ini sebenarnya sudah menghilang dari daftar harga Hyundai resmi, namun harga terakhirnya sendiri ada di banderol 389 Juta Rupiah.

Hyundai Kona 
2.0 AT Gasoline               389,000,000 

7. KIA Seltos

Jagoan terbaru dari pabrikan yang masih bersaudara dengan Hyundai ini memang tidak bisa dianggap remeh. Berbeda dengan saudaranya, si Hyundai Kona yang minim fitur, KIA Seltos justru datang dengan fitur yang lebih banyak, tampilan yang menarik, dan banderol yang kompetitif. Ini semua dapat dicapai mengingat KIA Seltos sendiri merupakan produksi India, sehingga harga yang ditawarkan menjadi sangat kompetitif, apalagi jika mengingat mesin 1.400 cc turbonya bisa dibilang sebagai mesin yang punya performa amat baik di segmen ini dengan akselerasi 0-100 Km/jam dicapai dalam kisaran 10 detikan saja. KIA Seltos sendiri tersedia dalam 3 varian dengan kisaran harga dari 300 Juta – 360 juta Rupiah

KIA Seltos 
E AT               300,000,000 
EX AT               325,000,000 
EXP AT               360,000,000 

Di luar ke-7 mobil yang kami  sebutkan di atas sebenarnya masih ada MG HS dengan varian Excite yang dibanderol 375.8 Juta Rupiah, tapi mengingat varian HS Ignitenya sudah di atas 300 juta rupiah, maka kami tidak memasukannya ke dalam daftar serba 7 ini. Pesaing lain seperti DFSK Glory 580 dan Wuling Almaz versi non RS juga sudah terwakili dengan versi advance masing – masing. Jadi, dari pilihan-pilihan SUV /Crossover di atas, mana yang menjadi favorit kalian? Silahkan komen di kolom komentar di bawah.

Read Prev:
Read Next: