Scania Trans Jawa : Usaha United Tractors Sambut Tol Trans Jawa

Scania Trans Jawa : Usaha United Tractors Sambut Tol Trans Jawa
0  komentar

AutonetMagz.com- Pada Selasa(2/4), PT. United Tractors Tbk (UT), distributor bus dan truk Scania di Indonesia menggelar acara “Scania Trans Jawa Gathering” yang ditujukan bagi perusahaan otobus (PO), jasa logistik dan media. Acara ini dihadiri oleh Loudy I. Elias, Direktur Marketing PT. United Tractors Tbk; Iman Nurwahyu, Direktur Sales PT. United Tractors Tbk; Harijadi Mawardi, GM PT. United Tractors Tbk; Claes Nyqvist, Managing Director Scania Export Marker Asia; dan Ahmad Yani, Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan.

Seperti kita ketahui, Jalan Tol Trans Jawa yang membentang dari Merak, Banten hingga Surabaya, Jawa Timur telah tersambung tahun ini. Jalan tol ini memberikan sejumlah manfaat seperti mempersingkat waktu tempuh perjalanan antar kota- antar provinsi dan menghemat biaya logistik. Karena itu, UT menawarkan bus Scania bermesin besar didukung layanan purna jual prima. Iman Nurwahyu, Direktur Sales PT. United Tractors Tbk mengatakan, dengan mesin berkapasitas besar, bus Scania cocok untuk perjalanan jauh melewati Jalan Tol Trans Jawa. “Bus Scania dilengkapi dengan mesin berkapasitas besar dengan tenaga maksimum sebesar 360 HP dan 410 HP yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar – yang menjadi ciri khas dari mesin Scania – sehingga cocok untuk perjalanan melalui tol Trans Jawa” papar Iman.

Bus tersebut adalah Scania K360IB-4X2 dan K410IB-6X2. Untuk keselamatan, bus Scania dilengkapi Electronic Braking System (EBS),Anti-lock Braking System (ABS), dan Electronic Stability Program (ESP) untuk membuat bus tetap stabil dalam keadaan darurat. Untuk kenyamanan Scania menggunakan air suspension dan transmisi semi-otomatis “opticruise”. Soal pelayanan, UT memiliki command center dan fleet management seevice yang memungkinkan PO memantau posisi aktual sopir juga kecepatan, banyaknya pengereman, konsumsi BBM, dan lain-lain. Selain itu, mereka memiliki program “driver coaching” yang membantu sopir mengemudikan bus aman, nyaman, dan hemat BBM.

Jadi setiap driver itu jalan, ada datanya, terus kita (UT) kasih masukan apa saja yang harus diperbaiki. Dan itu(pesan) langsung dikirim ke driver via Whatsapp.” Kata Harijadi Mawardi, GM PT. United Tractors Tbk. Mengenai periode programnya, Harijadi menambahkan itu tergantung customer. “Itu tergantung programnya, kan kita kerjasama dengan customer. Misalkan customer bilang,’oke kita coba dulu enam bulan’. Dari pengalaman kita sih ada improvement” papar Harijadi. Sementara itu, Ahmad Yani, Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, dalam sambutannya mengungkapkan, beroperasinya Tol Trans Jawa merupakan kebangkitan angkutan jalan karena biayanya lebih murah ketimbang naik pesawat terbang maupun kereta api.

Sebagai perbandingan, perjalanan Jakarta ke Surabaya menggunakan bus via Tol Trans Jawa menghabiskan Rp. 285.000, sementara dengan kereta api atau pesawat masing-masing menghabiskan Rp. 470.000 dan Rp. 818.000. Yani berharap, program Scania Trans Jawa akan menarik minat masyarakat untuk naik bus. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: