Sayounara Suzuki Ignis, Resmi Hilang Dari Situs Resmi SIS

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Sayounara Suzuki Ignis, Resmi Hilang Dari Situs Resmi SIS
0  komentar

AutonetMagz.com – Ada kabar yang cukup menarik dari Suzuki Indonesia, dimana nama Suzuki Ignis ternyata telah menghilang secara resmi dari situs mereka. Dan ini menandakan bahwa Suzuki Ignis telah menuntaskan masa baktinya di Indonesia setelah 7 tahun dipasarkan. Lantas, seperti apa sepak terjang dari Suzuki Ignis di Indonesia? Yuk kita bahas lebih lanjut.

7 Tahun Pengabdian Suzuki Ignis

Jadi, Suzuki Ignis pertama kali diluncurkan di Indonesia pada bulan April 2017 silam. Artinya, per tahun ini nama Suzuki Ignis sudah 7 tahun menghiasi belantika otomotif Nasional. Dan selama itu jugalah Suzuki Ignis bersaing dengan sejumlah rival seperti Daihatsu Sirion, Honda Brio RS, dan juga Toyota Agya GR. Suzuki Ignis sendiri hadir untuk menggantikan Suzuki Splash yang kala itu menggunakan mesin yang sama namun beda asal produksinya. Suzuki Ignis merupakan salah satu generasi pertama produk rakitan Maruti Suzuki yang sampai ke Indonesia bersama dengan Suzuki Baleno dan Suzuki Celerio. Nama terakhir bahkan lebih tragis nasibnya.

Kalau kita lihat, track record penjualan Suzuki Ignis dalam 5 tahun terakhir memang cenderung up and down. Sebelum pandemi, Suzuki Ignis masih bisa mencatatkan angka wholesales di 5.138 unit selama setahun. Namun, angkanya langsung terjun bebas di tahun 2020 menjadi 1.893 unit sebagai imbas pandemi. Angka itu naik tipis ke 1.932 unit di tahun 2021 dan terjun bebas lagi ke 904 unit di tahun 2022. Tahun lalu, penjualan Suzuki Ignis sebenarnya sempat naik ke 1.252 unit, namun memang masih jauh dari angkanya sebelum pandemi. Dan di 4 bulan pertama tahun 2024 ini, Suzuki Ignis berhasil mencatatkan wholesales di angka 369 unit dari 1 tipe saja yaitu Suzuki Ignis GX AGS.

Apakah Ada Pengganti Ignis?

Secara umum, Suzuki Ignis memang makin tergerus dengan banyaknya pemain di segmen 200-300 jutaan. Perpotongan harganya dengan LCGC 7 seater tipe tertinggi, LMPV buatan China, Small SUV asal China dan Jepang dan sejumlah tipe lain membuatnya minim peminat. Apalagi, Suzuki Ignis sudah berusia 7 tahun, yang mana jelas sudah waktunya ada penyegaran masif di mobil ini. Suzuki Ignis mengikuti jejak Suzuki SX-4 S-Cross sebagai produk Maruti Suzuki yang sudah menuntaskan masa baktinya di Indonesia. Pertanyaannya, apakah Suzuki akan membiarkan posisi Suzuki Ignis kosong? Atau akan ada pengganti? Kita tunggu saja.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: