Sanitizer Berbasis Alkohol Berpotensi Terbakar di Dalam Mobil? Hoax Atau Fakta?

by  in Berita&International&Tips
Sanitizer Berbasis Alkohol Berpotensi Terbakar di Dalam Mobil? Hoax Atau Fakta?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak masuk dalam kondisi pandemi COVID-19, publik membutuhkan beberapa perlengkapan tambahan jikalu ingin keluar rumah. Selain masker, penggunaan hand sanitizer juga digalakkan supaya bisa menekan angka penyebaran COVID-19. Oleh karenanya, hand sanitizer lebih banyak digunakan di luar ruangan, seperti dibawa di dalam tas atau diletakkan di dalam mobil. Namun, apakah aman? Bukankah ada kabar hand sanitizer bisa menimbulkan percikan api?

Nah, beberapa waktu terakhir memang sempat muncul kabar bahwa ada beberapa kejadian percikan api yang disebabkan oleh hand sanitizer yang diletakkan di dalam mobil. Kabar tersebut mengklaim bahwa tingginya suhu di dalam kabin mobil membuat hand sanitizer yang menggunakan bahan baku alkohol tersebut tersulut api. Oke, memang alkohol adalah bahan yang mudah terbakar, dan begitupun dengan hand sanitizer yang berbasis alkohol. Namun, apakah hand sanitizer semudah itu terbakar di dalam suhu kabin mobil? Apakah para peneliti tidak mempertimbangkan kemungkinan tersebut sebelum memproduksi hand sanitizer?

Tentu sudah, dan kabar mengenai percikan api karena hand sanitizer tersebut kemungkinan besar hoax, tanpa mengecilkan kemungkinan mudah terbakarnya bahan berbasis alkohol. Dikutip dari situs NBCDFW, National Fire Protection Association menyatakan bahwa hand sanitizer memiliki peluang untuk terbakar, dan harus disimpan di tempat yang dianjurkan. Namun, kemungkinan untuk produk berbasis alkohol ini diam – diam terbakar dalam kabin mobil sangatlah kecil. Suhu kabin mobil harus berada di angka 572 derajat fahrenheit atau sekitar 300 derajat celsius hingga akhirnya bisa membuat sebuah sanitizer terbakar.

Padahal, studi yang dilakukan oleh Arizona State University menunjuukan suhu rata – rata kendaraan berada di angka tak lebih dari 160 derajat fahrenheit atau 71 derajat celsius. National Fire Protection Association juga menyatakan bahwa hand sanitizer akan menguap dengan cepat pasca menyentuh kulit manusia, sehingga pengguna tak perlu khawatir. Namun bukan berarti kalian bisa sembrono menggunakan sanitizer sambil merokok atau berada dekat dengan percikan api. Jadi, kalian tetap bisa tenang menyimpan hand sanitizer dalam mobil kalian, asalkan jumlahnya masih wajar dan lokasi penyimpanannya juga aman.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: