GIIAS 2020 Resmi Batal, Ganti Jakarta Auto Week!

GIIAS 2020 Resmi Batal, Ganti Jakarta Auto Week!
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya, pihak GAIKINDO memberi kabar resmi setelah cukup lama kita menantikan kejelasan mengenai kepastian penyelenggaraan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020. Dan sayangnya kali ini bukan kabar baik yang diberikan, melainkan kabar buruk bagi para pecinta otomotif di Indonesia. Yap, sesuai judul di atas, GAIKINDO telah resmi membatalkan penyelenggaraan GIIAS di ICE BSD untuk tahun 2020 ini. Yuk kita bahas.

Waktu Persiapan Pendek & Mepet

Dalam rilis resmi yang kami terima, pihak GAIKINDO buka suara mengenai alasan pembatalan acara tahunan otomotif tersebut. Tentu kalian sudah berpikir bahwa pandemi COVID-19-lah yang menjadi biang kerok batalnya GIIAS 2020 kan? Bisa dikatakan iya, namun bukan sepenuhnya. Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO menyebutkan, “Pada setiap penyelenggaraan GIIAS, membutuhkan persiapan yang kompleks, detil dengan waktu yang cukup panjang, oleh karena itu, melihat waktu yang semakin pendek, GAIKINDO mengambil keputusan untuk membatalkan penyelenggaraan GIIAS 2020 – BSD City”.

Seperti yang kita ketahui bersama, dalam rangkaian GIIAS di ICE BSD juga terdapat beberapa acara lain seperti penyelenggaraan konferensi internasional, GAIKINDO International Automotive Conference (GIAC), kemudian kehadiran kendaraan konsep, serta peluncuran berbagai produk terbaru dari para peserta. Setiap agenda tersebut membutuhkan persiapan detil dan waktu yang cukup panjang. Saat ini, kondisi pandemi membuat banyak pihak seolah ragu untuk melangkah, dan akhirnya membuat waktu semakin pendek. Awalnya, GIIAS 2020 direncanakan dihelat pada 22 Oktober hingga 1 November 2020. Lantas, apakah GAIKINDO tidak akan menggelar acara apapun tahun ini? Masih ada kok.

GAIKINDO Jakarta Auto Week 2020

Nah, sesuai dengan judul diatas, GAIKINDO menghadirkan solusi lain dengan menggelar sebuah acara bernama GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2020. FYI, sesuai dengan namanya, GAIKINDO Jakarta Auto Week 2020 akan dihelat di Jakarta, bukan lagi di BSD. Acara ini akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 21 hingga 29 November 2020 mendatang. Namun, konsep GAIKINDO Jakarta Auto Week 2020 jelas berbeda dengan GIIAS. GAIKINDO Jakarta Auto Week 2020 berfokus pada angka penjualan saja, dan sebagai wujud tanggung jawab dan kontribusi GAIKINDO untuk menggenjot penjualan otomotif dalam negeri.

Rizwan Alamsjah selaku ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO mengatakan bahwa pameran ini merupakan pameran yang sangat berbeda konsep dengan GIIAS The Series. “Seperti yang kita ketahui GIIAS fokus mengedepankan ajang peluncuran produk dan teknologi terbaru dari industri otomotif. Sedang GAIKINDO Jakarta Auto Week tujuannya adalah untuk menggenjot penjualan mobil baik existing product ataupun yang baru diluncurkan pada pelaksanaan pameran” ungkapnya. GAIKINDO Jakarta Auto Week akan menggunakan keseluruhan area JCC, sebesar lebih kurang 30 ribu meter persegi. Besaran pameran ini dinilai lebih proporsional untuk dilaksanakan pada masa seperti ini.

Tetap Berpaku pada Protokol Kesehatan

Selama sembilan hari pameran, diharapkan GAIKINDO Jakarta Auto Week 2020 dapat menarik 250 ribu pengunjung. Tentu angka yang tinggi jika kita mengingat resiko penularan COVID-19. Namun, hal ini tentu disesuaikan dengan pembatasan sosial, protokol kesehatan Covid-19. “Penyelenggaraan pameran akan tetap berpatokan pada protokol pengamanan Covid-19, yang juga mencakup pembatasan jumlah pengunjung pada satu waktu, agar tetap aman,” tutur Rizwan. Walaupun scope lebih kecil dari GIIAS, namun pameran diharap dapat menyumbangkan hasil maksimal bagi pemulihan pencapaian industri otomotif di Indonesia.

Yohannes Nangoi mengatakan bahwa untuk berusaha bangkit dari kondisi pandemi Covid-19, GAIKINDO dan anggotanya akan tetap fokus untuk kembali berkontribusi terhadap pemulihan industri otomotif dan perekonomian negara, sementara tetap komit menjaga kesehatan masyarakat. “Diharapkan dalam waktu dekat ini situasi pandemi Covid-19 sudah dapat diatasi dengan baik, sehingga tidak ada aral yang menghambat pelaksanaan GAIKINDO Jakarta Auto Week nanti,” tutupnya. Jadi, apa pendapat kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: