Peduli Pengemudi Muda, Michelin Safety Academy Mulai Berjalan

by  in  Nasional & Safety Driving
Peduli Pengemudi Muda, Michelin Safety Academy Mulai Berjalan
0  komentar

AutonetMagz.com – Lebih dari sepertiga jumlah kecelakaan di Indonesia melibatkan pengendara berumur 15-24 tahun. Dengan jumlah yang sama, yaitu sekitar 8.700 kejadian di antaranya, melibatkan pengendara motor yang sebagian besar tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Untuk membantu mengatasi permasalahan ini, Michelin mengadakan Michelin Safety Academy (MSA) untuk mengedukasi pengemudi usia muda mengenai berkendara yang aman dan beretika.

Memasuki tahun keempat, MSA diadakan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran berkendara yang aman di kalangan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sudah cukup umur untuk mendapatkan SIM. Tahun ini, Michelin memperluas cakupan area dengan menjangkau 400 orang siswa-siswi dari 10 sekolah di Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Cilegon – hampir dua kali dari jumlah peserta tahun lalu.

Pengendara pemula rentan terlibat dalam pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas jika mereka tidak diperkenalkan bagaimana etika berkendara yang baik dan benar, ataupun mereka tidak memahami peraturan lalu lintas,” kata AKBP Aldo Siahaan, S.IK., Kasi Kemitraan Subdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri.

Para peserta akan memperolah informasi mengenai persiapan dasar yang rutin dilakukan sebelum berkendara seperti pengecekan tekanan angin pada ban serta informasi mengenai perlengkapan berkendara yang aman. Program edukasi ini akan diadakan di Pusdik Lantas Polri Serpong, Tangerang pada tanggal 7 dan 14 Oktober 2017. Instruktur dari IMI Jakarta akan membantu melatih para murid dan mendemonstrasikan bagaimana teknik pengereman dan cara berbelok di tikungan tajam dengan benar dan aman.

Sebuah kebanggaan untuk dapat berpartisipasi mendukung penanaman budaya berkendara yang aman di kalangan generasi muda. Michelin Safety Academy merupakan perwujudan fokus perusahaan di Indonesia yaitu Perfection in Safety yang berdasarkan kepada tiga pilar, keamanan melalui pemberian edukasi yang berkelanjutan mengenai berkendara yang aman, inovasi produk dan pelayanan serta dukungan purna jual yang prima,” kata Frederick Mueller III, Presiden Direktur Michelin Indonesia.

Setiap pengguna jalan memiliki hak dan kewajibannya masing-masing. Sebagai generasi penerus bangsa, penting bagi para murid untuk menyadari hal tersebut. Michelin Indonesia telah membantu upaya pemerintah melalui Michelin Safety Academy dalam mempromosikan budaya berkendara yang aman dan kami sangat mengharapkan kemunculan program seperti ini lagi di tahun-tahun yang akan datang,” kata Hindro Surahmat, ATD., MSi, (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan.

Memasuki perhelatan Michelin Safety Academy yang keempat, kami ingin memberikan dampak lebih besar dengan meningkatkan jumlah siswa dan memperluas jangkauan area,” kata Frederick Mueller III. “Michelin Indonesia senantiasa menciptakan ban inovatif untuk mendukung pergerakan orang-orang dengan lebih aman. Namun berkendara secara aman adalah merupakan kewajiban para pengemudi, termasuk pengemudi pemula dari generasi muda. Hal ini sangat penting tidak hanya bagi diri mereka sendiri namun juga bagi orang lain di sekitar mereka,” tutup Frederick.

Read Prev:
Read Next: