Ini Perbandingan Harga Toyota Kijang Innova Baru vs Lama, Lumayan Bedanya!

by  in Mobil Baru&Nasional&Toyota
Ini Perbandingan Harga Toyota Kijang Innova Baru vs Lama, Lumayan Bedanya!
0  komentar
toyota-all-new-kijang-innova-2016-world-premiere

AutonetMagz – Setelah harga dan spesifikasi Toyota Kijang Innova diungkap secara resmi pada saat peluncuranya di Hotel Fairmont Senayan, kini kita bisa melihat jelas perbedaan harganya dibandingkan dengan model terdahulu yang sudah tidak diproduksi lagi. Mari kita analisis lebih lanjut untuk lebih jelasnya.

Perbedaan paling mencolok antara Toyota Kijang Innova versi terdahulu dengan model terbaru ada pada varian modelnya yang kini berubah total dari yang sebelumnya memiliki 4buah kasta dari J, E, G dan V, kini menjadi 3 buah kasta saja yang terdiri dari G, V dan Q. Varian J dan E yang menjadi varian termurah kini dihilangkan, dan Toyota menambah 1 buah varian teratas yang dinamakan Q. Sejatinya, seharusnya varian Q adalaah tipe V, tipe E kini menjadi tipe G dan tipe G kini menjadi tipe V jika dibandingkan dengan model terdahulu.

projector led headlamp all new toyota kijang innova

Kenaikan harga paling rendah ada pada varian tipe G MT yang naik sebesar 5.1 juta Rupiah dari 276.9 Juta menjadi 282 Juta Rupiah. Kenaikan harga 5 Juta Rupiah terasa sangat worthed di tipe ini karena dengan hanya menambah 5 juta Rupiah saja, kita sudah mendapatkan sebuah Toyota Innova G yang kini memiliki fitur baru seperti ABS, EBD, 3 buah Airbag, setir tilt dan telescopic, Eco & Power mode, steering audio control dan head unit touchscreen dengan koneksi Bluetooth. Sayangnya sebagai varian yang diprediksi menjadi volume maker ini belum dilengkapi dengan Immobilizer untuk menambah keamanan kendaraan.

Lucunya untuk varian automatic di mobil ini perbedaannya terasa sangat signifikan di angka 20 Juta Rupiah dibandingkan dengan varian transmisi manual. Memang teknologinya melupakan lompatan jauh dibandingkan dengan model sebelumnya yang hanya dibekali dengan transmisi automatic 4 percepatan konvensional, karena kini kita menggunakan transmisi 6 percepatan dengan sport sequential switchmatic alias tiptronic. Tapi ya nggak sampai 20 juta juga perbedaannya dengan model manualnya ya seharusnya.

Varian yang mendapatkan selisih harga paling tinggi ada pada model V AT diesel yang kini terpaut 33.25 juta Rupiah dibandingkan dengan model sebelumnya. Harga yang cukup jauh tersebut diakibatkan oleh penggunaan mesin diesel baru dengan kode GD 2.4 L yang mampu menghasilka tenaga sebesar 149 Ps dan torsi sebesar 34.9 kgm, bahkan varian G MTnya saja memiliki perbedaan harga di angka 1 juta Rupiah. Antara tipe V model terdahulu dan model saat ini, kita akan menemukan perbedaan fitur baru seperti Immobilizer, Intelligent MID pada speedometer, head unit seperti G ditambah koneksi internet, miracast, HDMI, DLNA dan Toyota Move. Namun jok kulit yang biasa kita temukan di tipe V kini sudah ditiadakan lagi di semua model Innova terbaru.

toyota-all-new-kijang-innova-2016-first-impressionQ yang ditempatkan sebagai varian tertinggi memiliki fasilitas yang jauh lebih lengkap mulai dari headlamp projector, keyless entry, welcome light, pintu belakang vacum, auto power window di semua pintu, LED roof illumination, meja lipat, interior hitam dan captain seat. Karena lebih lengkap dibandingkan dengan tipe V, harga tipe Q ini memiliki perbedaan harga hingga 45 juta dibandingkan dengan Kijang Innova tipe V.

Ada yang menarik antara varian tipe Q bensin dan diesel yang memiliki perbedaan harga terpaut hingga 39 juta Rupiah. Karena meskipun sama-sama menyandang varian termewah, ternyata antara tipe Q bensin dan diesel tidak hanya sekedar perbedaan nama belaka, melainkan perbedaan ini juga ada pada fitur yang disematkan. Varian Q Diesel mendapatkan perangkat teknologi keamanan yang lebih baik mulai dari 7 buah airbags, VSA, Hill Start Assist dan velg 17 inchi. Hal ini menurut kami sedikit tidak adil mengingat varian G dan V yang sama-sama memiliki varian bensin dan diesel tetap memiliki fitur yang sama.

Nah jadi seperti itulah varian Kijang Innova terbaru beserta harga lengkapnya. Kira-kira varian apa yang paling worthed untuk dibeli ya jika melihat harga dan fitur yang ditawarkan?

Harga-New-Innova-2016
Read Prev:
Read Next:
  • prayuda lesmana

    ini bedanya tipe biasa sama di tambah embel2 lux apa ya?… ada tambahan bodi kit?..

    • Shark Owner

      Biasa Om varian lux tambahan diler nambah krum disana sini + rear bumper protector

    • Rockmeo

      Biasa ny ad beberapa dealer yang tipe lux dikasi captain seat juga

  • Adamgus

    Tipe G belum immo…. 🙁
    Mungkinkah lebih oke Carens atau Orlando?

    • Sporky

      Cares di webnya udah nggak terdaftar di pricelist artinya nggak jualan dulu, minusnya Carens rem belum ABS dan single airbag cuma mesinnya lebih powerful dibanding Orlando, berarti kompetitor tipe G tinggal Orlando aja.. semoga tahun depan nasibnya nggak spt Carens. Mau ambil yg new Innova tipe V musti pada kompakan dulu jangan pada beli Innova baru ini utk 6 bulan ke depan, pasti diskonnya minimal dapet 30jt, sekarang aja new avanza udah diskon 25jt, Orlando diskon up to10jt.

      • M.U.Fathurrohman

        Proton exora sama gl 1.8 masih ada gan XD

        • aiueo

          GL 1.8 udah lama discontinue

  • Oki Ngew

    Selisih pertipenya juga kemahalen. Coba kalo selisih transmisinya dikurangi 7 juta & selih per tipenya dikurangi 11 juta. Disitulah titik paling worth-nya innova

  • mas boy

    yang bensin masih ok harganya, yang diesel gila mak

  • Dhito

    Ini bedanya varian yang ada embel2 luxurynya sama yg non luxury apa ya? Yg model lama, di tabel itu malah gaada harga buay varian luxurynya.
    Miminn can u explain it?

  • 206er

    Menurut gw tambahan varian Q itu cuma trik marketing Toyota supaya kenaikan harganya ga terlalu kerasa mahal.

    Coba bandingin semua varian Innova yang punya mesin bensin dan diesel:

    – 2015: base trim E; mid trim G; top end trim V
    – 2016: base trim G; mid trim V; top end trim Q

    Jadi harusnya kalau mau bandingin harga: 2015E vs 2016G, 2015G vs 2016V, 2015V vs 2016Q

    Berdasarkan analisis:

    – base trim bensin harga naik 26.200.000 (2015 E MT bensin vs 2016 G MT bensin)
    – base trim diesel harga naik 37.500.000 (2015 E MT diesel vs 2016 G MT diesel)
    – mid trim bensin harga naik 48.100.000 (2015 G MT bensin vs 2016 V MT bensin)
    – mid trim diesel harga naik 65.400.000 (2015 G MT diesel vs 2015 V MT diesel)
    – top trim bensin harga naik 50.650.000 (2015 V MT bensin vs 2016 Q MT bensin)
    – top trim diesel harga naik 72.250.000 (2015 V MT diesel vs 2016 Q MT diesel)

    Worth it or not tinggal bandingin fitur.

    Untuk varian Q diesel kayanya sementara belum ada lawan (selain Panther yang hidup segan mati tak mau) , kecuali Mitsu mau masukin Delica diesel; tapi untuk bensin rasanya mending ambil Nav1 , Serena, atau Biante kalau tinggal di kota besar.

  • Shark Owner

    worthed apa worth it, coba di cari lagi di kamus he..he..

    • Daniel

      HAHAHHAHAHA

      • 206er

        Ga boleh post link ternyata, auto-moderated dari disqus

        *not sure if troll or genuinely misinformed*

        Ga ada kata “worthed” di kamus bahasa inggris, adanya “worth”, kalau coba kamus bahasa inggris yang online, pasti “worthed” di-redirect ke “worth”

        “Worth” (adj)+noun, dalam komen gw “worth” (adj) + “it” (noun) gw pake sebagai pengganti “worth” (adj) + “the price” (noun)

        Memang di Indo banyak yang salah kaprah soal ini, kata2 yang banyak dipakai bukan berarti benar.

        Coba cek lagi ke merriam-webster atau oxford ya ^.^v

        Biar ga oot:

        Kebetulan pernah bawa Innova dari gen. awal sampe facelift terakhir (yang tonggos). Menurut gw Innova top trim harusnya ga lebih dari 350 juta, toh fitur2 yang ada juga sebetulnya standar.

        Gw pribadi bukan tipe yang suka banyak electronic nanny. Touchscreen audio, dll itu kalo menurut gw juga malah bikin repot kalau ga ada steering switch soalnya malah lebih menyita perhatian daripada tombol biasa.

        Life saving electronics is fine, tapi kalau kebanyakan malah bikin bawa mobil itu jadi boring

    • ekspat

      Worth it, ndon.. He he.

  • Aryo

    Hayoooo mendingan beli tipe Q AT diesel, atau beli tipe G MT bensin + Agya? Hahaha

    • farid

      kalau beli yg tipe Q diesel walau harganya tembus 400jutaan keatas udah lengkap fiturnya,udah ada 7 airbag,hill assist control,VSC,smart entry,tombol star-stop engine,lampu projie plus LED DRL dan velg 17 inci,lebih lengkap spek fiturnya dibanding kedua mobil itu(innova tipe G dan agya)

  • Tipe G MT bakalan lebih laku, kenaikan 5 juta worth it lah ~

    • Sporky

      Tipe G teorinya bakal yg paling laku krn kebanyakan konsumen sebelumnya lebih rela keluarin duit 250jt sd sekitar 300jt utk seekor Kijang. Mereka ini umumnya nggak terlalu peduli fitur spt immobilizer dll, yg penting mobilnya merk Toyota, Innova dan harganya nggak lebih dr 300jt.

      • Betul itu om, Harga & Gengsi dapet krn bs dapetin seekor Kijang bermerek Toyota dgn fitur standard khas Tipe G,

        • JiM

          Tapi beda lohh tipe G nya innova dulu sama sekarang.
          Kalo di ibaratkan sama yg dulu itu Tipe G nya skrg sekelas tipenya E yang dulu.
          Malah turun drajat. Hehe

          Tapi kalo mau pindah ke V mahal bangett nambah nya

  • JiM

    Kalo dulu kan innova bensin lebih bertenaga 102ps(ps nya lebih besar).
    Nah kalo buat yang innova skrg Mesin Diesel kok lebih besar Ps (149ps) nya di banding dengan yang diesel.
    Apa betul diesel nya bener2 bertenaga dibanding bensin?

    Trus musti pake DEX kahh?

  • antifanatik

    terlepas dari teknologi dan inovasi toyota, kenapa kalo liat design toyota kesannya tua banget, yang ane harapin design bakal futuristik atau edgy, ternyata ga jauh beda design dari innova pertama kali keluar sampe yg sekarang,, kalo bersaing sama new carens atau orlando, mungkin design inova ketinggalan jauh, apalagi inova versi termahal diesel Q AT , ane rasa orang lebih pilih X trail untuk bajet 400jtaan ketimbang mobil sekelas inova.

    • JiM

      Tapi kalo d indonesia harga purna jual toyota paling aman. Kalo yang laen pada anjlok semua.
      Memang toyota kurang wah dibanding sama yg laen

    • Sporky

      Harganya mahal tapi penampilannya nggak kayak mobil mahal, contohnya Innova, Nav 1. Tapi beresnya toyota memang penampilannya mahal semua..

  • gaspol

    dah nembus 400an mending lirik alternatif lain, Nav1/Serena/Biante/Delica. klo turun dari mobil pintu geser otomatis kerennya disitu.

  • kabe kabe

    turun dari pintu geser keren??? klo turun dari LUXIO keren gak tuh wkwkwk,, lg pula brapa lama sih gengsi bertahan, paling 1,2 bulan abis itu jg dah biasa aja liatnya.. apalagi org kota besar, hari2 liat, 2 minggu jg dah bosen sklipun pintu geser2an , kecuali mobil pintu geser kelas premium

    • Cabe cabe

      Baca yang bener, ada tambahan otomatis, bukan pintu geser doang
      Apa otak lu ada kegeser ya?

      • kabe kabe

        Wkwkwk… mau otomatis kek enggak kek. Klo bukan mpv premium ya biasa aja awal2 doang wihhh slebihnya 2mgguan dah biasa aja. Klo w lho . Maklum lah orang kota. Wkwkwk

  • Sushi Cars

    Varian paling worth? belilah mobil selain Toyota

  • ap88

    Menurut saya semua Varian bensin sudah gak worth it sama sekali,mending ambil delica royal atau xtrail cx5 kalo mau mesin bensin,menurut saya selling point tertinggi all new innova skrg selain peningkatan fitur nya yg luar biasa ada di mesin diesel baru nya dan transmisi matic 6 speednya,di indonesia sekarang ini cuma all new innova mpv yg mesin diesel dan transmisi 6 speed matic

    Jadi saran dan kesimpulannya menurut saya adalah:
    Hapus semua varian mesin bensin
    Hapus varian manual di tipe v dan q

    • illya kuryakin

      Tune up + ganti ecu siap buat ngedrag om. Innova d4d emang mantep.

  • aldishere

    bikin first impressionnya dong bang ridwan….. *pasangmukangarep

  • honn neestt

    bro RH …..all new innova ini belum eps…dari majalah otomotif sebelah dites katanya setir nya beratttt…belum eps……capekkkk dehhhh