Resmi, SSC Tuatara Renggut Rekor Mobil Tercepat di Dunia!

by  in Berita&International
0  komentar

AutonetMagz.com – Kecepatan merupakan salah satu pemicu derasnya hormon adrenalin bagi para pecinta otomotif. Membejek gas diimbangi konsentrasi dan fokus yang penuh adalah kenikmatan tersendiri bagi mereka, termasuk saya sang penulis artikel ini. Baru-baru ini, pabrikan SSC (Shelby Super Cars) dengan mobilnya bernama Tuatara memecahkan Guinness World Record yang sebelumnya dipegang oleh Koenigsegg Agera RS.

SSC Tuatara memecahkan rekor kecepatan tertinggi di angka 532,7 km/jam dengan kecepatan rata-rata setelah dihitung bolak-balik di angka 508,7 km/jam. Sebagai perbandingan, Koenigsegg Agera RS tercatat menembus kecepatan paling tinggi di angka 457 km/jam dan kecepatan rata-rata dua arah 447,2 km/jam pada 2017 lalu di aspal yang sama di Nevada, Amerika Serikat. SSC Tuatara ini dikendarai oleh pembalap asal Inggris, Oliver Webb dalam misi pemecahan rekor ini.

Ia mencapai 484,5 km/jam pada percobaan pertama sebelum berbalik dan sanggup menembus kecepatan 532,7 km/jam. SSC Tuatara dibekali jantung V8 flat-plane berkapasitas 5.900 cc yang diperkuat oleh turbo ganda alias twin turbo, mampu memuntahkan 1.750 hp dan torsi nya 1.735 Nm. Dengan transmisi otomatis dan penggerak roda belakang, untuk lari dari 100-200 km/jam, mobil ini hanya memakan waktu 2.5 detik. Bengis bukan?

Ini masih belum seberapa,” kata Webb kepada Top Gear. “Jika situasi dan kondisinya lebih mendukung, saya tahu kami bisa melaju lebih cepat, saat saya mendekati 331 mph, Tuatara naik hampir 20 mph dalam lima detik terakhir. Mobil masih belum kehabisan tenaga. Semua hambatan angin menghalangi kami untuk menyadari batasan mobil ini,” tambahnya. Jadi mobil ini masih bisa lebih kencang lagi? Sadis ini sih…

Sudah sepuluh tahun sejak kami memegang rekor ini dengan mobil pertama kami, SSC Ultimate Aero, dan Tuatara berada jauh di depan. Performanya mencerminkan dedikasi dan fokus kami dalam mengejar pencapaian ini,” kata CEO SSC North America, Jerod Shelby. “Kami hampir memenuhi angka-angka teoretis, yang luar biasa dilakukan dalam pengaturan dunia nyata di jalan umum.” Bagaimana jika anda adalah orang dibalik setir kemudi SSC Tuatara? Cukup bernyali kan untuk membejek gas hingga 532,7 km/jam? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: